Ragam Cara Mengatasi Tumit Pecah Pecah Secara Tradisional

By | December 13, 2018


Salah satu permasalahan kulit yang paling sering dialami oleh wanita adalah tumit kaki yang pecah pecah. Hal ini karena kondisi kulit cenderung kering sehingga membuat kulit kaki jadi kapalan kemudian retak. Saat kaki menapak dan menahan beban saat berjalan, kulit kaki yang kering tersebut akan pecah kemudian merekah. Kulit kaki yang kering dan pecah pecah ini juga bisa karena penyakit tertentu seperti kencing manis, eksim, bahkan gangguan pada kelenjar. Orang yang telah lanjut usia juga berisiko mengalami kondisi ini. Keadaan yang tidak nyaman ini tentu membuat kita terus berpikir bagaimana cara menghilangkan kaki pecah pecah.

Bahkan, ibu hamil pun juga rentan terkena kaki pecah pecah (baca di sini untuk cara mengatasi tumit pecah pecah secara tradisional untuk ibu hamil https://review.bukalapak.com/mom/bumil-begini-cara-mengatasi-telapak-kaki-pecah-pecah-saat-hamil-17623).

Kaki yang pecah pecah, selain soal estetika, juga dapat menyebabkan rasa perih saat digunakan beraktivitas. Pada kondisi yang parah, bahkan kaki pecah pecah membuat infeksi. Nah, berikut beberapa cara mengatasi tumit pecah pecah secara tradisional yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Sebelumnya, pastikan merendam kaki Anda dengan air hangat dan gosokkan batu apung untuk mengurangi sel kulit mati sebelum melakukan tips berikut.

Gunakan pelembab dan pakai kaus kaki

Kondisi kulit yang kering tentu harus dilawan dengan membuat keadaan kulit menjadi lembab. Nah, bahan pelembab kulit saat ini telah banyak beredar di pasaran. Beberapa pelembab kulit yang bisa Anda jadikan pilihan antara lain sheabutter, aloe vera gel, atau bahkan vaseline. Semakin berminyak tekstur pelembab yang Anda gunakan, maka akan semakin baik untuk menghilangkan kaki yang retak. Setelah itu, bungkus dengan kaus kaki agar bahan pelembab bisa terserap maksimal. Gunakan terutama setelah mandi.

Gunakan minyak alami

Salah satu bahan yang baik untuk tumit kaki yang pecah pecah adalah dengan mengaplikasikan berbagai minyak alami sebagai pelembab kulit. Nah, minyak yang bisa Anda gunakan untuk mengurangi keadaan kaki yang pecah pecah ini antara lain olive oil, minyak kelapa (virgin coconut oil), minyak almond, atau bahkan tea tree oil. Selain kandungan minyak yang membuat penguapan air tidak terjadi berlebihan, minyak alami juga mengandung vitamin E yang mampu menutrisi kulit sehingga mengurangi kemungkinan terjadi lagi kaki pecah pecah.

Cara menggunakan minyak ini cukup dengan mengoleskan sambil dipijat pijat lembut pada area kaki yang bermasalah. Dengan pemijatan ini, diharapkan sirkulasi darah dapat lebih lancar. Gunakan minyak ini terutama malam sebelum tidur dan dibiarkan lembab semalaman.

Lulur atau masker

Menggunakan lulur atau masker tidak hanya untuk kulit wajah yang kering. Hal serupa juga bisa diimplementasikan untuk kulit kaki yang kering dan pecah pecah. Anda bisa membuat sendiri untuk masker ini. Pastikan menggunakan bahan yang memang bisa melembabkan kulit. Sebagai salah satu contoh, cobalah untuk membuat masker yang berasal dari campuran oatmeal dengan minyak zaitun. Cara membuatnya adalah dalam satu wadah, masukkan sesendok oatmeal kering kemudian tuangkan minyak zaitun hingga terbentuk seperti pasta. Kemudian oleskan pada bagian yang tumit pecah pecah dan tunggu minimal 30 menit. Setelah itu bilas hingga bersih. Bisa juga dengan membuat dari campuran susu dan tepung beras. Sama halnya dengan pelembab yang lain,susu memiliki kandungan lemak yang tinggi sehingga baik untuk menjaga kelembapan kulit, sedangkan beras juga berfungsi sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *