2 Jenis Sakit Kepala yang Harus Anda Ketahui

By | March 28, 2018

Sakit kepala merupakan salah satu penyakit yang paling banyak dialami oleh setiap orang. Sakit yang terjadi pada bagian kepala ini bisa disebabkan karena beragam macam hal dan bisa jadi merupakan penanda adanya penyakit yang serius dan harus segera ditangani dengan baik. Pada umumnya sakit pada kepala ini dibagi menjadi 2 yaitu primer dan sekunder. Jika primer disebabkan karena gangguan di struktur kepala yang sensitif akan rasa sakit dan jika sekunder disebabkan karena saraf rasa sakit yang ada di kepala aktif karena suatu penyakit yang ada di dalam tubuh.

2 Jenis Sakit Kepala yang Harus Anda Ketahui

Sakit pada kepala jenis primer ini beberapa diantara kerap terjadi dan dialami banyak orang. pertama adalah tegang dimana kepala akan merasa seperti ada pita karet di melilit kencang dan terjadi secara terus menerus. Gangguan kesehatan ini bisa disebabkan karena beragam jenis faktor seperti karena kurang tidur, dehidrasi, depresi, melewatkan waktu makan bahkan bisa terjadi karena Anda yang terlalu banyak mengkonsumsi minuman keras.

Kedua adalah migrain. Sakit kepala sebelah ini lebih jarang terjadi dibandingkan yang pertama. Masing-masing orang bisa mengalami migrain yang berbeda. Ada yang sakit hanya di satu bagian, ada yang dua bagian misalnya di sisi kanan dan kiri kepala. Bagian kepala yang sakit akan terasa seperti berdenyut dan berlangsung hingga berulang kali sehingga tidak sedikit yang tidak bisa melanjutkan aktivitas seperti biasanya. Intensitas penyakit migrain ini juga berbeda di setiap orang. Ada yang hanya berlangsung hingga beberapa jam namun ada juga yang berlangsung hingga beberapa hari misalnya 2 hari. Cara mengatasinya adalah dengan menggunakan obat migrain dan jika tidak bisa sembuh dalam waktu 3 hari maka sebaiknya langsung hubungi dokter agar Anda bisa mendapatkan penanganan lanjut sebelum migrain lebih serius.

Ketiga adalah cluster. Jenis sakit pada kepala ini biasanya terjadi selama 1-2 bulan dalam 1 tahun. Orang yang menderita jenis penyakit ini bisa merasakan sakit yang sangat luar biasa dan menyebar hingga ke sekitar salah satu mata Anda. Untuk mengatasi sakit yang terjadi di kepala ini maka Anda tidak bisa menggunakan obat yang tersedia di warung melainkan harus berkonsultasi ke dokter. Penanganan dokter yang tepat bisa meredakan rasa sakit yang diderita.

Sedangkan sakit kepala sekunder bisa saja terjadi karena flue, infeksi telinga, masalah pada gigi, tiba-tiba mengkonsumsi makanan ataupun minuman yang terlalu dingin, glaukoma, pengar ataupun yang lainnya. beberapa tipe dari sakit pada kepala jenis sekunder adalah:

Baca Juga Mengobati Sakit Kepala dengan Mudah Tanpa Perlu Pergi ke Dokter

  • Rebound yang disebabkan karena seringnya Anda menggunakan obat pereda nyeri.
  • Thunderclap yang bisa membuat Anda mengalami sakit pada kepala yang lebih parah dan kejadiannya tiba-tiba serta bisa menjadi masalah yang fatal.
  • Spinal disebabkan karena kurangnya cairan serebrospinal setelah terjadi trauma ataupun anestesi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *