Yuk Intip Manfaat Daun Katuk untuk Asam Urat dan Beragam Penyakit Lain!

By | December 2, 2018

Manfaat daun katuk untuk ibu menyusui memang sudah dikenal sejak lama. Katuk sejak dulu dikenal sebagai tumbuhan yang berguna untuk memperlancar produk ASI sehingga banyak ibu yang merasa susah untuk memberikan ASI akan sering mengonsumsi daun katuk baik dalam bentuk sayuran atau olahan lainnya. Selain ibu menyusui, ibu hamil juga dianjurkan untuk mengonsumsi daun katuk.

Daun katuk untuk ASI memang terpercaya manfaatnya, namun daun katuk untuk asam urat juga bekerja dengan baik.

Berikut manfaat daun katuk untuk ibu menyusui:

  1. Untuk Memenuhi Kebutuhan Mineral Ibu Menyusui

Kebutuhan ibu hamil dan menyusui memang 2 kali lipat lebih banyak dibandingan dengan kebutuhan wanita umumnya. Hal tersebut membuat wanita harus pintar-pintar untuk mengonsumsi vitamin dan mineral yang datangnya dari sayur dan buah, salah satunya adalah daun katuk. Daun katuk mempunyai serat pangan yang bagus untuk pencernaan ibu menyusui. Ibu bisa mengolahnya menjadi sayuran berkuah yang bisa dd konsumsi dengan nasi dan lauk pauk lainnya.

  1. Meningkatkan Produksi dan Kualitas ASI

Daun katuk untuk ASI memang akan bermanfaat untuk kedua belah pihak, yaitu ibu dan anak.

Untuk anak, makanan utama bayi adalah ASI sehingga ibu harus makan-makanan yang sehat dan seimbang agar produksi dan kualitas ASI menjadi banyak dan bagus. Kandungan dari daun katuk yaitu lactagagum dan prolactin yang fungsinya untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas ASI, produksi yang memadai akan membuat bayi tumbuh secara optimal.

  1. Untuk Mengurangi Efek Asam Urat

Asam urat adalah kondisi suatu penyakit yang membuat bagian persedian tulang menjadi terasa nyeri. Hal tersebut bisa dipicu karena ibu mengonsumsi makan-makanan yang mengandung asam urat seperti kacang, emping melinjo, dan lainnya.

Daun katuk untuk asam urat memang memberikan banyak manfaat yaitu mengurangi atau mengatasi pembekakan yang tejadi pada persendian.

  1. Antioksidan

Daun katuk  mempunyai kandungan serat pangan yang bagus yang berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan sendiri bisa untuk mencegah radikal bebas yang salah satunya akibatnya akan mempercepat penuaan dini. So, mengonsumsi daun katuk secara rutin akan memperlambat penuan dini.

  1. Terhindar dari Berbagai Penyakit

Tentunya ibu menyusui ingin selalu sehat karena harus merawat bayi dan keluarganya. Daun katuk bermanfaat untuk meningkatkan imunitas ibu menyusui. Kandungan daun katuk yang syarat akan zat gizi makro dan terutama mikro (vitamin dan mineral), tentunya akan membuat kesehatan ibu menyesuai semakin baik. Selain itu kandungan vitamin A, B1, vitamin C, dan senyawa fitokimia seperti saponin, alkaloid papaverine, dan tannin merupakan bahan obat alami yang bisa kamu gunakan untuk menyembuhkan luka dan penyakit seperti flu.

  1. Mengurangi Tekanan Darah

Masalah kesehatan selanjutnya yang biasanya ibu alami adalah tekanan darah tinggi. Selain karena keturunan, darah tinggi juga disebabkan karena terlalu banyak konsumsi tinggi natrium dan rendah kalsium. Nah, agar tekanan darahmu menurun, kamu bisa mengonsumsi daun katuk karena kandungan kalsium pada daun katuk yang cukup kadarnya. Sebaiknya, Ibu bisa mengonsumsinya sesering mungkin dalam satu pekan agar kondisi tekanan darah menjadi stabil.

Masalah ibu menyusui memang banyak, tidak hanya masalah pada bayinya yang masih sensitif dan sering sakit, ibu menyusui pun rentan terkena penyakit. Hal tersebut dikarenakan tugas yang semakin berat dan waktu untuk istirahat yang kadang sedikit. Untuk itu, ibu menyusui bisa mengonsumsi daun katuk untuk mempertahankan imunitas dan terhindar dari berbagai penyakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *