3 Penyakit Kulit yang Sering dialami oleh Kebanyakan Orang

By | June 7, 2018

Ada banyak jenis penyakit kulit yang biasanya menjangkit bagian tubuh yang bisa dilihat oleh orang lain. Hingga akhirnya mereka memberikan reaksi yang tidak menyenangkan dan memberikan beban psikologis bagi penderita. Padahal, anggapan negatif masyarakat tersebut sebenarnya diakibatkan oleh kurangnya informasi yang mereka dapat mengenai penyakit yang diderita tersebut. Umumnya, beberapa penyakit ini biasanya menimpa orang dewasa, seperti penyakit-penyakit berikut ini:

3 Penyakit Kulit yang Sering dialami oleh Kebanyakan Orang

Herpes zoster

Herpes zoster merupakan salah satu penyakit kulit yang sering menjangkit orang dewasa. Apabila Anda melihat adanya ruam yang tidak rata dan berukuran namun bisa melepuh di kulit, maka itu artinya Anda sedang terjangkit herpes. Penyakit ini akan menimbulkan rasa gatal, perih, hingga sensitif. Biasanya daerah yang sering menderita penyakit herpes ini adalah badan atau bokong. Tetapi tidak menutup kemungkinan bahwa penyakit ini bisa muncul di bagian tubuh mana pun.

Biasanya cara untuk mengobati herpes zoster adalah bagian tubuh yang terjangkit tersebut diolesi krim antivirus, steroid atau antidepresan. Umumnya, ketika terjangkit penyakit kulit ini, penderita akan mengalami dalam waktu dua minggu. Namun rasanya sakit, mati rasa hingga gatal-gatal akan terasa dalam waktu yang lama, bisa berbulan-bulan atau mungkin hingga seumur hidup. Kondisi seperti ini harus ditangani sejak dini.

Urtikaria

Penyakit kulit yang satu ini umumnya diderita oleh seluruh orang. Urtikaria atau biduran, biasanya ditandai dengan timbulnya rasa gatal-gatal, bilur-bilur atau ruam yang menjengkelkan. Biasanya gangguan kulit ini akan muncul di salah satu bagian tubuh atau juga bisa tersebar di seluruh bagian tubuh. Penyakit ini biasanya bisa sembuh dalam waktu beberapa hari tanpa diobati. Namun antihistamin tetap diperlukan untuk mengatasi rasa gatal yang biasanya membuat penderita menjadi tidak nyaman. Apabila gejala yang muncul tak hilang dalam waktu 48 jam, maka Anda bisa konsultasi dengan dokter untuk mencari tahu langkah apa sebaiknya yang harus dilakukan untuk mengatasi penyakit tersebut.

Baca juga Berikut 4 Jenis Penyakit Kulit Ringan yang Sering Dijumpai

Psoriasis

Biasanya orang akan sering mengalami penyakit kulit seperti bercak merah bersisik yang disebut dengan psoriasis. Bercak tersebut umumnya akan timbul di daerah siku, lutut dan juga punggung bagian bawah. Psoriasis bisa menimbulkan rasa gatal atau sakit di kulit yang terjangkit. Walaupun ada sebagian orang yang biasanya merasakan efek dari penyakit ini tidak signifikan. Tetapi beberapa penderita lainnya merasa terganggu dengan penyakit ini. Apabila yang muncul masih gejala ringan, maka Anda bisa melakukan beberapa pengobatan dengan mengoleskan krim, salep, terapi cahaya, injeksi obat atau obat oral. Apabila penyakit tersebut masih berada dalam tahap wajar, maka berkonsultasilah dengan dokter umum. Namun apabila sudah berada dalam kondisi yang parah, maka sebaiknya konsultasi ke dokter spesialis.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *