4 Cara Alami Mencegah Penyakit Asam Urat yang Bisa Dicoba

By | December 11, 2017

Semua orang sebenarnya memiliki potensi untuk menderita penyakit asam urat sama seperti kolesterol dan lain sebagainya. Penyakit satu ini sebenarnya bisa dicegah sejak dini karena memang semua orang berpotensi untuk menderitanya. Ada banyak penyebab yang membuat seseorang mengalami penyakit ini, mulai dari faktor genetik sampai pola makan. Seandainya riwayat medis keluarga Anda dekat sekali dengan penyakit ini maka mulailah memperbaiki pola makan Anda sejak sekarang. Selektif dalam memilih bahan makanan ternyata ampuh mengurangi resiko penyakit ini secara signifikan.

Cara Alami Mencegah Penyakit Satu Ini

Dibandingkan berobat dan melakukan operasi tentu mengeluarkan banyak biaya sekaligus Anda akan menjalani metode pengobatan yang panjang. Nah, cegah dulu penyakit satu ini dengan beberapa cara alami berikut supaya hal-hal tidak mengenakan tidak dialami:

Baca juga: Ketahui Penyebab Asam Urat dan Kiat Mengatasinya Berikut Ini!

  • Kurangi konsumsi makanan tinggi purin,

Makanan yang Anda konsumsi bisa jadi mengandung purin yang tinggi sehingga memicu terjadinya penyakit satu ini. Alangkah baiknya dikurangi sebab kalau dihapus sama sekali juga berdampak buruk karena tubuh tetap memerlukan purin. Makanan yang mengandung purin tinggi ini antara lain ikan teri, jeroan ayam dan hewan berkaki empat, seafood, sarden, dan lain-lain.

  • Perbanyak konsumsi air putih,

Lonjakan asam urat di dalam tubuh kerap kali melonjak karena metabolisme tubuh mengalami perlambatan. Salah satu penyebabnya adalah tubuh kurang bergerak atau kurang olahraga dan bisa pula disebabkan karena asupan air putih yang di bawah standar. Idealnya Anda minum air putih per hari minimal 12 gelas, jangan sampai kurang untuk mencegah penyakit satu ini. Air putih murah dan mudah didapat dan ketika jumlahnya cukup maka metabolisme akan bagus.

  • Minum kopi dalam kadar yang cukup,

Dari sebuah penelitian menunjukan kopi yang kita kenal selama ini ternyata memiliki khasiat untuk menurunkan asam jenis ini di dalam tubuh. Artinya minum kopi secara teratur bisa membantu mencegah penyakit satu ini dalam presentase yang lumayan tinggi. Namun usahakan menakar kadar kopi yang diminum, berhubung akan dinikmati setiap hari maka maksimal 2 cangkir saja. Jangan sampai lebih karena kopi yang berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan terutama untuk jantung.

  • Rajin minum susu dan juga jus jeruk,

Selain kopi dan air putih sepertinya masih ada lagi beberapa daftar minuman yang baik sekali diminum setiap hari untuk mencegah penyakit jenis ini. Salah satunya adalah susu dan juga jus jeruk, kandungan susu membantu tubuh mengurangi kadar asam penyebab penyakit satu ini. Begitu pula dengan jus jeruk sehingga kalau bosan minum kopi bisa diganti dengan susu, dan jika bosan juga bisa diselingi dengan jus jeruk. Supaya terhindar dari penyakit asam urat intinya cukup paham memilih bahan makanan dan minuman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *