4 Cara Merawat Penyakit Lupus Supaya Tetap Mampu Beraktivitas Normal

By | January 25, 2018

Siapapun tent akrab dengan yang namanya penyakit lupus namun belum tentu paham gejala maupun ciri-ciri orang yang menderita penyakit ini. Sehingga ketika dialami oleh diri sendiri maupun orang terdekat biasanya tidak menyadari kalau tengah mengalami gangguan penyakit satu ini. Penyakit satu ini termasuk ke dalam jenis penyakit autoimmune sehingga antibodi di dalam tubuh tidak menyerang zat asing melainkan menyerang sel di dalam tubuh. Kondisi abnormal ini membuat odapus (penderita lupus) cenderung sensitif terhadap apapun.

Merawat Penderita Lupus

Bagi orang awam lupus bisa dianggap sebagai gejala alergi namun lebih berbahaya dengan gejala yang mengarah pada kelainan organ tubuh. Sehingga kalau tidak ditangani dengan tepat akan mengundang komplikasi yang semakin berbahaya, mencegahnya bisa dengan memberikan perawatan sebagai berikut:

  • Konsumsi obat-obatan tertentu secara rutin,

Penderita lupus atau odapus akan terbilang sering mengkonsumsi obat-obatan supaya bisa beraktivitas dengan normal. Jenis obatnya beragam sesuai dengan karakter badan namun paling umum dijumpai adalah obat anti inflamasi, obat anti malaria, obat kortikosteroid, dan sebagainya yang perlu dikonsumsi rutin dengan resep yang ketat.

  • Menerima beragam anjuran tindakan medis,

Ketika rutin berkunjung ke dokter maka akan dilakukan beberapa tindakan medis supaya penderitaan odapus tidak berlebihan. Sebab penderita penyakit lupus memang rentan mengalami komplikasi seperti kerusakan organ vital di dalam tubuh. Komplikasi ini juga bisa disebabkan karena konsumsi beberapa jenis obat tanpa memahami dosis amannya seperti apa. Paling sering adalah gangguan pada ginjal sehingga beberapa odapus perlu mempertimbangkan kemungkinan transplantasi ginjal bila memang diperlukan.

  • Melindungi dan menjaga kesehatan tubuh,

Masing-masing orang memiliki keistimewaannya sendiri, menjadi odapus juga termasuk ke dalam keistimewaan tersebut jadi jangan berkecil hati dan berprasangka buruk pada Sang Pencipta. Usahakan fokus untuk merawat kesehatan supaya bisa beraktivitas dengan normal dan nyaman sepanjang hari. Berhubung antibodi di dalam tubuh bisa menyerang kapan saja maka berikan perawatan diri dengan baik. Misalnya sering memakai masker saat keluar rumah, jaga tubuh dari paparan sinar matahari, teliti sebelum minum obat, istirahat cukup, dan sebagainya.

  • Rutin mengkonsumsi berbagai jenis herbal,

Khusus bagi Anda yang khawatir adanya komplikasi usai mengkonsumsi obat-obatan secara teratur maka bisa diganti dengan herbal. Efeknya lebih bersahabat bagi kesehatan jantung, ginjal, dan organ vital lain di dalam tubuh. Jenis herbalnya pun beragam mulai dari kunyit, jahe, susu segar, konsumsi aneka jenis makanan kaya vitamin, dan lain sebagainya. Paling aman adalah mengolah sendiri herbal ini supaya benar-benar murni bahan alami tanpa campuran apapun. Sehingga meski memiliki penyakit lupus tidak menghalangi Anda untuk menjadi orang sukses di berbagai bidang.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *