4 Hal yang Harus Dilakukan Wanita Agar Terhindar dari Penyakit Kanker Rahim

By | February 8, 2018

Bagi seorang wanita rahim adalah harta yang sangat berharga untuk dijaga, karena tanpa rahim maka mereka tidak akan bisa mendapatkan keturunan. Bahkan beberapa orang yang memiliki rahim saja belum tentu bisa memiliki anak, apalagi yang tidak. Namun beberapa kondisi terkadang memang memicu seorang wanita untuk merelakan rahim mereka, salah satu diantaranya adalah disebabkan oleh kanker rahim. Penyakit mematikan yang sering kali menyerang kaum hawa di usia muda maupun tua.

Kondisi kesehatan yang satu ini memang tidak bisa dikatakan sepele, mengingat kanker adalah penyakit paling mematikan di dunia dan hingga saat ini belum ada cara untuk mengobatinya. Semua langkah pengobatan hanya ditujukan untuk mengurangi rasa sakitnya saja, tidak sampai untuk menghilangkan masalah kesehatan tersebut. Untuk itu patut diwaspadai, lalu bagaimana cara agar bisa terhindar dari masalah kesehatan tersebut. Berikut ini beberapa langkah yang wajib untuk dilakukan, diantaranya adalah:

  1. Uji pap smear, ini adalah salah satu hal baru di dunia medis, dimana langkah tersebut dilakukan untuk melihat ada tidaknya kemungkinan virus HPV yang menyerang tubuh atau dikenal juga dengan Human Papiloma Virus yang menjadi penyebab utama penyakit kanker rahim. Umumnya HPV ini memang bisa menyerang bagian manapun yang ada di dalam tubuh, mulai dari paru-paru, hati, usus hingga rahim. Jika memang ada potensi terdeteksi maka bisa segera dilakukan langkah pertolongan.
  2. Suntuk vaksin HPV, langkah lainnya adalah dengan melakukan vaksin, sekarang ini sudah banyak rumah sakit yang memiliki metode untuk melakukan vaksinasi tersebut, biasanya sudah boleh dilakukan oleh perempuan yang berusia 16 tahun ke atas. Hanya saja biaya yang harus dikeluarkan memang masih agak mahal, namun paling tidak sesuai dengan hasil yang didapatkan, yaitu untuk mencegah penyakit kanker ini.
  3. Hentikan kebiasaan merokok, rokok adalah bahan utama yang paling rentan menyebabkan masalah kesehatan, salah satunya adalah penyakit kanker, jenis kanker apapun bisa terjadi karena terlalu banyak zat –zat berbahaya dari rokok yang masuk kedalam tubuh, termasuk diantaranya adalah kanker. Bagi wanita yang bukan perokok aktif melainkan perokok pasif justru resiko terkena kanker ini jauh lebih tinggi.
  4. Tidak berganti-ganti pasangan dalam berhubungan seks, seks bebas adalah hal utama yang paling sering memicu penyakit, bukan hanya HIV AIDS saja, melainkan juga kanker di rahim. Karena bisa jadi virus tersebut dibawa oleh pasangan berhubungan seks dan bisa menjangkiti diri sendiri.

Kanker rahim ini bisa menyebabkan wanita kehilangan bagian terpenting dalam dirinya, bahkan resiko terbesar lainnya adalah kematian, untuk itu sedini mungkin terapkan usaha untuk mencegah penyakit mematikan tersebut, karena memang bisa menyerang siapa saja.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *