4 Jenis Penyakit Berbahaya yang Kerap Dialami Bayi dan Anak-anak

By | May 19, 2018

Bagi ibu yang masih memiliki bayi tentunya sangat penting untuk mengenal beragam penyakit berbahaya yang bisa diderita si kecil. Bayi sejak lahir sampai menginjak usia balita tentunya memiliki kemungkinan untuk sakit. Meski terdengar normal namun jika penanganan yang diberikan tidak benar maka akan memicu masalah kesehatan yang serius. Akan lebih baik lagi jika orangtua mengenal berbagai jenis penyakit yang tergolong berbahaya dan biasa ditemukan pada bayi sehingga bisa melakukan tindakan preventif sejak dini.

4 Jenis Penyakit Berbahaya yang Kerap Dialami Bayi dan Anak-anak

Deretan Penyakit Pada Bayi yang Berbahaya

Penyakit memang jenisnya banyak, beberapa hanya dialami bayi beberapa lainnya hanya pada orang dewasa meski ada pula yang bisa dialami siapa saja. Khusus untuk penyakit yang terbilang berbahaya dan dijumpai pada bayi antara lain:

  • Infeksi pada saluran pernafasan,

Pembunuh nomor satu pada bayi dan anak-anak ternyata bukanlah AIDS melainkan infeksi pada saluran pernafasan. Termasuk di dalamnya adalah penyakit bronkitis dan juga pneumonia sehingga para orangtua musti waspada. Orangtua disarankan mengikuti anjuran dan jadwal pemberian vaksin pada buah hatinya sejak masih bayi. Pasalnya untuk mencegah infeksi saluran nafas pada buah hati hanya bisa dilakukan dengan vaksinasi, maka cek apakah sudah memberikan vaksin tersebut atau belum.

  • Malaria,

Malaria juga menjadi penyakit berbahaya yang kerap ditemukan pada anak-anak maupun bayi, terutama yang tinggal di kawasan terjangkit malaria. Penyakit satu ini disebabkan oleh gigitan nyamuk Anopheles betina dan sebenarnya tidak menular. Pencegahan agar si kecil tidak mengalaminya adalah dengan memasang obat nyamuk maupun jaring atau kelambu di tempat tidur si kecil. Meski nyamuk adalah hewan bersayap yang kecil namun beberapa jenisnya mampu menularkan penyakit yang berbahaya.

  • Diare,

Diare adalah gangguan pada sistem pencernaan yang ternyata masuk ke dalam daftar penyakit yang berbahaya bagi bayi dan anak-anak. Jenisnya sendiri ada beberapa karena selain diare biasa juga dijumpai dalam bentuk kolera, yang memang mudah sekali menular. Meski terlihat seperti mencret biasa namun bayi atau anak-anak yang mengalaminya mudah mengalami dehidrasi dan memicu komplikasi. Berikan pencegahan dengan melakukan vaksin, konsultasikan dengan bidan ataupun dokter anak untuk mendapatkan beberapa jenis vaksin untuk mencegah diare.

Baca juga 4 Tips Mengatasi dan Mencegah Penyakit Ain yang Berbahaya

  • Tetanus,

Tetanus juga menjadi penyakit yang terbilang berbahaya dan mengancam anak-anak, sebab mereka aktif bermain di luar rumah. Padahal bakteri penyebab tetanus bisa berdiam di logam berkarat yang berserakan di sekitar rumah, debu, kotoran, dan apapun yang berada di dalam atau permukaan tanah. Anak-anak yang mengalami tetanus akan mengalami pembengkakan dan musti menjalani operasi. Disarankan bagi orangtua untuk memberikan vaksin, dan disini vaksin tetanus jenisnya banyak. Maka konsultasikan dulu untuk memberikan vaksin yang tepat demi mencegah penyakit berbahaya ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *