4 Jenis Penyakit Kulit yang Banyak Diderita Anak-Anak Hingga Orang Dewasa

By | March 8, 2018

Kulit merupakan bagian terluar dari tubuh yang berkontak langsung dengan benda yang ada di luar tubuh. Tidak heran jika kulit kerap terserang penyakit terutama jika Anda memiliki kulit yang sensitif. Kulit bisa menderita penyakit kulit ringan hingga yang berat. Contoh masalah kulit ringan seperti jerawat yang hampir diderita oleh hampir setiap orang karena berbagai jenis faktor misalnya tidak menjaga kebersihan kulit. Selain jerawat, 4 jenis masalah kulit ini banyak diderita tidak hanya oleh orang dewasa namun juga anak-anak.

4 Jenis Penyakit Kulit yang Banyak Diderita Anak-Anak Hingga Orang Dewasa

Pertama adalah kutil. Penyakit ini bisa diderita oleh setiap orang mulai dari anak kecil hingga dewasa. Penyakit ini memiliki ciri terdapat benjolan seperti massa daging di kulit namun umumnya muncul di tangan dan kaki dan area kelamin. Penyakit kutil ini disebabkan karena infeksi human papilloma (HPV) yang disebabkan kontak langsung dengan penderita atau sentuhan dari barang yang terkontaminasi virus tersebut. Untuk mengatasinya bisa menggunakan krim atau gel yang bisa diperoleh di apotek, terapi pembekuan kutil atau lewat pembedahan dan lazer.

Kedua adalah panu. Penyakit kulit ini banyak diderita oleh orang yang tinggal di negara tropis seperti di Indonesia. Penyakit yang memiliki nama medis tinea versicolor atau pityriasis versicolor tergolong ke dalam penyakit di kulit yang disebabkan karena jamur yaitu jamur Malassezia furfur atau Pityrosporum ovale sehingga menyebabkan bercak yang berwarna putih pada kulit dan terasa gatal. Masalah kulit ini disebabkan karena kebersihan diri yang kurang terjaga dan umumnya muncul di punggung, leher, dada, lengan atas.

Ketiga adalah impetigo. Penyakit pada kulit yang banyak diderita bayi dan anak-anak ini bisa juga menjangkit orang dewasa dan umumnya muncul di bagian wajah, tangan, area popok. Masalah kulit ini terjadi karena infeksi bakteri yang masuk lewat luka yang terbuka atau karena kondisi eczema. Penularannya bisa terjadi lewat barang yang berkontak langsung dengan penderita impetigo. Penyakit yang berbentuk benjolan kecil yang bisa dipecahkan, namun meninggalkan bercah kuning yang basah dan juga gatal ini bisa membuat kulit memerah dan meradang. Penyakit ini biasa sembuh sendiri selama 3 minggu dan menggunakan obat seperti krim dan antiotik untuk pemulihannya. Akan tetapi, sebaiknya langsung diperiksa ke dokter dan lakukan perawatan minimal 48 jam hingga kondisi penyakitnya tidak terlalu menular.

Baca Juga Cegah Penyakit Kanker Kulit dengan 4 Upaya Berikut Ini!

Keempat adalah bisul. Penyakit kulit yang biasanya diderita oleh masyarakat Indonesia ini disebabkan karena bakteri yang bernama Stafilokokkus aureus lewat foliker rambut, kelenjar minyak atau kelenjar keringat yang bisa menyebabkan infeksi lokal di kulit. Penyakit medis dengan nama furunkel ini disebabkan karena faktor kebersihan yang kurang bisa terjaga atau karena penyumbatan pori-pori yang disebabkan karena penggunaan kosmetik yang menggunakan bahan kimia.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *