4 Kebiasaan Ini Efektif Anda Terapkan untuk Mencegah Penyakit Hernia

By | January 29, 2018

Pernahkah Anda mendengar hernia? Penyakit hernia sering disebut dengan istilah turun berok atau jaringan usus sehingga terlihat ada benjolan. Seringnya penderita penyakit ini melakukan operasi untuk mengembalikan usus yang turun ke posisinya semula. Sehingga meskipun ada benjolan di area paha, lipatan paha, sampai area genital (tergantung jenis hernianya) tidak ada daging atau bagian tubuh yang dipotong dan dibuang. Selain melakukan tindakan operasi penderitanya juga bisa memakai pengobatan alternatif, seperti diurut atau dipijat oleh ahlinya.

Cara Mencegah Hernia

Meskipun termasuk penyakit yang ringan namun kalau terlalu lama dibiarkan akan mengundang banyak komplikasi. Salah satunya mengalami kanker usus karena organ usus tidak berada pada tempat semestinya, usahakan kalau ada riwayat hernia di keluarga untuk melakukan pencegahan. Pencegahan ini antara lain:

  • Menjaga pola makan tetap sehat seimbang,

Kebiasaan mengejan memperbesar resiko mengalami hernia maka penting sekali untuk menjaga kesehatan pencernaan. Jagalah pola makan tetap sehat dengan mengkonsumsi bahan makanan tinggi serat baik buah dan sayuran segar, wajib ada dan disantap setiap hari. Sehingga tidak pernah mengalami sembelit dan resiko hernia semakin kecil.

Baca juga: Penyebab Penyakit Asam Urat dan Cara Menghindarinya

  • Menjaga berat badan di angka normal,

Berat badan yang berlebih bisa meningkatkan resiko mengalami penyakit hernia sehingga penting untuk memperhatikan berat badan. Seringlah menikmati olahraga dan mengatur pola makan secara sehat dan seimbang agar berat badan tetap ideal. Pasalnya ketika mengalami obesitas maka akan meningkatkan resiko menderita hernia, entah pada pria maupun wanita. Asalkan berat badan tetap normal dan menikmati makanan sehat maka resiko ini bisa diperkecil dan bisa hidup lebih sehat.

  • Kurangi aktifitas mengangkat beban berat,

Usus yang turun bisa karena terlalu sering mengangkat beban berat, sehingga sering dialami oleh pekerja fisik. Ketika keluarga memiliki riwayat hernia baiknya mencoba mengurangi aktifitas mengangkat beban berat. Cobalah aktifitas lain untuk mencari penghasilan, supaya pasca operasi Anda tidak khawatir jahitan penahan usus supaya tidak turun lagi nantinya jebol. Meskipun tidak ada indikasi menderita hernia tidak ada salahnya berjaga-jaga dengan tidak terlalu sering mengangkat beban berat, sebab sebaik-baiknya badan adalah yang bebas penyakit.

  • Berhenti merokok dan jalani gaya hidup sehat,

Kebiasaan merokok membuat saluran pernafasan mudah mengalami gangguan sehingga sering bersin dan batuk berkepanjangan. Batuk yang terlalu sering bisa meningkatkan resiko usus turun dan menjadi hernia maka hapus kebiasaan merokok Anda. Kalau ada niat dijamin bisa berhenti secara total supaya badan tidak hanya bebas dari resiko hernia namun juga gangguan kesehatan jenis lainnya. Mulailah memperbaiki gaya hidup menjadi lebih sehat supaya tidak berurusan dengan penyakit hernia maupun jenis penyakit lain yang menganggu rutinitas Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *