4 Manfaat Jahe untuk Menjaga Kesehatan Tubuh

By | October 20, 2017

Berbagai bahan dapur merupakan bumbu yang sering digunakan dan dicampurkan untuk resep makanan. Bahan dapur tersebut terbuat dari bahan alami seperti biji-bijian, daun, dan berbagai bahan alami lainnya. Sehingga tidak jarang memang mempunyai fungsi lainnya seperti untuk menjaga kesehatan tubuh. Bahan alami yang digunakan sebagai bumbu dapur seperti jahe misalnya dapat mempunyai banyak manfaat yang berguna untuk tubuh seseorang. Sehingga jahe ini juga digunakan sebagai bahan banyak obat yang dibuat oleh masyarakat. Adapun manfaat jahe yang dapat dirasakan oleh masyarakat untuk kesehatan tubuhnya adalah:

  • Meredakan pusing

Manfaat pertama yang bisa didapatkan dari mengkonsumsi jahe ini adalah dapat untuk meredakan pusing yang diderita. Biasanya banyak orang mengalami pusing karena banyak hal dari tekanan pekerjaan, tekanan tugas, masalah rumah tangga, dan banyak hal lainnya. Apabila Anda mengalami pusing hingga vertigo bisa untuk membuat jahe sehingga dapat untuk menenangkan pikiran dan membuat keseimbangan kembali. Sehingga pusing yang sampai ingin melayang dan pingsan bisa dicegah dan diobati dengan bahan yang satu ini.

  • Meringankan nyeri saat menstruasi

Wanita biasanya akan mengalami nyeri di bagian perutnya ketika sedang menstruasi. Hal tersebut memang tidak mengenakan karena rasanya yang sakit sehingga banyak wanita yang tidak bisa bergerak dan hanya menghabiskan waktu di tempat tidur saja apabila sedang menstruasi. Untuk mengatasi nyeri yang dirasakan saat menstruasi tersebut Anda bisa untuk mengkonsumsi jahe. Karena manfaat jahe salah satunya juga bisa untuk meringankan nyeri saat menstruasi. Konsumsilah ekstrak jahe selama 3 hari pertama menstruasi dengan dosis setidaknya 4 gelas jahe. Sehingga dapat untuk meringankan nyeri yang dirasa sangat sakit. Jahe mempunyai kandungan yang disamakan dengan obat iburprofen dan juga asam mefenamat sehingga dapat meredakan nyeri saat menstruasi.

  • Mencegah morning sickness

Wanita yang sedang hamil awal biasanya akan mengalami hal yang dinamakan morning sickness. Dimana hal tersebut merupakan gejala wanita hamil yang sering mengalami mual saat pagi hari setelah bangun tidur dan akan sarapan. Hal tersebut tentunya membuat ibu hamil muda juga tidak nyaman sehingga selain dengan mengkonsumsi susu khusus untuk ibu hamil bisa juga untuk mengkonsumsi jahe hangat sehingga dapat untuk mengurangi dan menghilangkan morning sickness yang dirasakan oleh ibu hamil muda.

  • Meringankan sakit osteoarthritis

Penyakit peradangan sendi merupakan penyakit yang membuat penderitanya tidak nyaman. Dengan begitu harus disembuhkan atau setidaknya minum obat secara rutin sehingga dapat untuk mengurangi gejala yang dirasakannya. Salah satu caranya adalah dengan manfaat jahe yang bisa untuk merangsang produksi asam salisilat pada tubuh sehingga dapat untuk mengurangi peradangan yang dirasakan dan membuat rasa sakit yang tidak nyaman untuk penderitanya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *