Memilih termometer digital tentu bukan perkara yang mudah. Selain termometer digital memiliki banyak varian, pemilihan termometer juga harus disesuaikan dengan kebutuhan, misalnya saja untuk penggunaan pribadi, penggunaan pada keluarga, atau penggunaan massal dalam mengukur suhu tubuh banyak orang.

Jika Anda membeli termometer yang bersentuhan langsung dengan kulit, tentu Anda harus menjaga higienitas dan kebersihannya. Biasanya termometer yang bersentuhan langsung dengan kulit digunakan di mulut, ketiak, atau dubur. Pastikan Anda memilih termometer yang bisa dicuci agar kebersihan termometer ini selalu terjaga. Kebanyakan termometer yang digunakan untuk kulit ini dilengkapi dengan fungsi tahan air untuk kebutuhan pencucian.

Dalam membeli termometer, Anda juga disarankan untuk mencari yang mudah penggantian baterainya. Hal ini untuk menghindari kesulitan yang ditimbulkan saat baterai sudah mulai habis. Di beberapa termometer, ada yang menunjukkan level baterai pada layar sehingga mempermudah penggunaan.

Pastikan juga Anda membeli termometer digital yang memiliki layar penunjuk suhu yang besar sehingga mempermudah pembacaan suhu. Bisa juga jika layar dilengkapi dengan lampu latar, hal ini akan memudahkan pembacaan hasil pengukuran saat malam hari.

4 Merek Termometer Digital Terbaik yang Bisa Anda Miliki

  1. Termometer digital karakter (Rp22.000)

Termometer ini dirancang khusus untuk penggunaan pada anak-anak. Karena penggunaannya yang disimpan di ketiak selama beberapa saat, biasanya anak merasa tidak nyaman. Untuk itu, adanya karakter di ujung termometer akan membuat anak berfokus pada karakter tersebut apalagi jika ia suka pada karakter tertentu. Termometer ini memberi hasil pengukuran yang akurat, adapun rentang kesalahannya 0,1 derajat dalam waktu kurang lebih 1 menit.

  1. Beurer Multifunction Thermometer (Rp465.000)

Termometer keluaran Jerman ini berani memberi garansi hingga 3 tahun lamanya dengan klaim kualitas yang baik dan tahan lama. Jika termometer ini rusak sebelum 3 tahun, Anda bisa meminta perbaikan tanpa biaya tambahan. Cara kerja termometer ini adalah dengan menembakkan infra merah di telinga ataupun dahi sehingga praktis digunakan pada anggota keluarga. Bentuknya seperti pegangan pintu sehingga nyaman digenggam dengan layar hasil pengukuran yang cukup besar.

  1. Rycom Infrared Thermometer (Rp315.000)

Termometer digital terbaik ini tidak hanya bisa digunakan untuk mengukur suhu tubuh, tetapi juga bisa digunakan untuk mengukur suhu benda lainnya, seperti permukaan makanan, susu yang akan diminum, atau suhu air yang akan digunakan untuk mandi. Waktu yang diperlukan untuk mengukur suhu juga sangat cepat, dalam waktu 1 detik Anda sudah mendapatkan hasil pengukurannya. Bentuknya yang menyerupai pistol membuatnya mudah digenggam. Termometer ini juga memungkinkan digunakan untuk mengukur suhu tubuh secara massal.

  1. Omron Forehead Thermometer

Termometer ini memiliki fitur suara senyap (silent) atau berbunyi. Keunggulan lain dari termometer ini adalah ketika anak sedang demam, Anda dapat mengetahui berapa suhu tubuh sebelumnya sehingga Anda bisa dengan jelas membandingkan suhu sebelum dan sesudahnya. Lebih hebatnya lagi, jumlah pengukuran yang disimpan dari termometer adalah 25 pengukuran.

Bagaimana, sudah menentukan termometer mana yang akan Anda beli sesuai dengan budget dan kebutuhan Anda? Pastikan Anda telah mengecek harganya di berbagai marketplace seperti Bukalapak untuk mendapatkan harga terbaik ya!