4 Obat Alami untuk Mengatasi Batuk Berdahak

By | August 19, 2016

Tidaklah baik membiarkan sebuah penyakit terlalu lama menyerang tubuh termasuk membiarkan batuk. Penyakit yang dianggap sepele ini sangat mengganggu aktivitas. Tidak hanya penderitanya sendiri, lawan bicara dan juga orang-orang disekitar juga akan merasa kurang nyaman. Untuk mengatasinya penderita perlu meminum obat untuk mengatasinya. Sebaiknya penderita mengkonsumsi obat alami untuk menghindarkan dari efek samping obat buatan.

Batuk umumnya dibagi menjadi 2 jenis yaitu batuk kering dan batuk berdahak. Batuk berdahak merupakan jenis batuk yang ditandai dengan di produksinya banyak lendir. Sensasi yang dirasakan penderita sangatlah tidak nyaman. Sehingga semakin cepat batuknya sembuh akan memudahkan penderita menyelesaikan pekerjaannya. Di bawah ini telah dirangkum beragam obat alami sebagai alternatif untuk meredakan batuk.

  • Godokan Belimbing Wuluh

Buah belimbing wuluh berwarna hijau dan berasa masam jika dikonsumsi secara langsung. Masyarakat Indonesia menggunakan belimbing wuluh sebagai salah satu bumbu penyedap. Rasanya yang asam sangat cocok dicampurkan diberbagai jenis masakan di Indonesia. Namun sebenarnya jenis buah ini tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk bumbu masak. Penelitian yang menemukan bahwa kandungan yang terdapat dalam belimbing wuluh mampu meredakan dan menyembuhkan batuk berdahak.

Cara penggunaannya mudah, sediakan terlebih dahulu beberapa belimbing wuluh beserta adas. Selanjutnya rebus keduanya bersama gula batu dan juga air. Setelah mendidih dan airnya berkurang sebagian saring. Minuman ini dapat dinikmati dalam kondisi apapun baik kondisi hangat ataupun sudah dingin. Sebagai catatan, jangan terlalu menambahkan terlalu banyak gula ketika merebus ramuan ini.

  • Seduhan Teh dengan Jahe

Tanaman asli benua tropis ini mempunyai sejuta manfaat untuk tubuh. Penggunaannya tidak terlepas sebagai bumbu masak tapi juga obat tradisional. Jahe merupakan salah satu jenis rimpang yang mempunyai kandungan antibakteri. Kandungan ini sangat bermanfaat untuk mengobati beragam penyakit. Sama seperti belimbing wuluh, jahe bisa juga digunakan untuk menghilangkan batuk berdahak.

Pembuatan ramuan obat ini tidak memerlukan keterampilan khusus. Jahe yang sudah digeprek ataupun diiris dicampurkan ke dalam seduhan teh hangat. Biarkan dulu selama beberapa saat sebelum diminum. Penggunaan obat ini ternyata sudah tersebar luas di kalangan bangsa Asia dan dimanfaatkan selama beratus-ratus tahun sebelumnya.

Baca Juga: 5 Obat Diabetes Dari Bahan Alami yang Aman dan Berkhasiat

  • Air, Jeruk Nipis dan Madu

Madu Jenis obat ini sangat terkenal dikalangan penderita batuk. Jeruk nipis dipercaya mampu mengencerkan dahak yang membandel. Menyajikannya juga mudah hanya perlu mencampurnya saja. Air sebanyak lima bagian dicampur dengan satu bagian madu dan tiga bagian jeruk nipis. Diminum sebanyak dua kali dalam sehari. Bagi yang memiliki penyakit lambung usahakan minum setelah makan untuk menghindari naiknya asam lambung.

  • Ramuan Kunyit

Jenis tanaman rimpang satu ini juga mempunyai manfaat yang sama dengan jahe. Dia juga memiliki kandungan antibakteri yang sudah teruji. Untuk penderita yang tidak menyukai jahe dapat mengganti ramuannya dengan kunyit. Hanya perlu mengambil sari dari kunyit dan mencampurkannya dengan madu. Jangan mencampurkan ramuan ini dengan susu karena akan menetralkan kandungan baik dalam ramuan ini.

Obat alami hendaknya semakin dibudidayakan kembali. Hal ini dimaksudkan agar tubuh tidak terlalu banyak menyerap bahan kimia. Walaupun sudah mendapat takaran dari ahlinya tapi obat buatan akan ada efek samping di kemudian hari. Selain manfaat untuk tubuh jenis obat-obatan yang alami juga sangat bersahabat dengan uang yang ada di dalam kantong. Dijamin tidak akan membuatnya menjadi kosong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *