4 Penyebab Masuk Angin dan Usahakan Menghindarinya

By | December 19, 2017

Semua orang baik bayi sampai orang dewasa tentu pernah mengalami gangguan masuk angin dan termasuk gangguan kesehatan ringan. Dikatakan ringan karena keluhan satu ini kerap kali hilang dengan sendirinya meskipun penderitanya tidak minum obat. Ketika seseorang mengalami keluhan kesehatan satu ini biasanya akan merasakan badannya kurang enak dan kurang nyaman digunakan beraktivitas. Meski termasuk gangguan kesehatan ringan namun kalau sudah menganggu rutinitas dijamin perlu ditangani dengan segera. Minimal adalah dengan beristirahat secara total mungkin setengah atau satu hari penuh.

Apa Saja Penyebab Keluhan Ringan Ini?

Meskipun termasuk masalah kesehatan ringan nyatanya banyak orang mengalaminya dan dijamin akan mengeluh. Usahakan mencegah keluhan satu ini dengan menghindari penyebabnya, dan adapun penyebab dari masalah kesehatan satu ini adalah:

  • Tubuh mengalami kedinginan,

Kedinginan ternyata menjadi satu diantara sekian hal yang membuat tubuh mengalami gangguan kesehatan ini. Penyebab tubuh kedinginan sangat beragam misalnya berdiam lama di ruangan ber-AC yang suhunya terlalu dingin. Bisa pula karena kehujanan, atau terpapar oleh angin malam yang ternyata lebih dingin dari biasanya, maka biasakan memakai baju hangat setiap keluar rumah.

  • Tanpa sengaja begadang,

Begadang merupakan kebiasaan buruk dan baiknya segera dihilangkan, sebab secara alami tubuh memerlukan istirahat di malam hari. Meskipun hanya beberapa jam setidaknya sistem di dalam tubuh mendapatkan jatah istirahatnya dengan baik. Ketika begadang maka organ vital tubuh perlu bekerja ekstra keras dan menurunkan imunitasnya. Perlahan gangguan kesehatan akan sering dialami, seringnya akan mengalami masuk angin tanpa peduli kondisi cuaca. Maka sejak sekarang usahakan tidur tepat waktu dan tidur secara berkualitas.

  • Mengalami kelelahan yang sangat,

Kelelahan yang dibiarkan begitu saja ternyata juga menjadi penyebab masalah kesehatan ringan ini, maka penuhi kebutuhan istirahat tubuh. Kelelahan ini muncul karena memaksakan tubuh untuk bekerja ataupun berpikir tanpa henti. Meskipun Anda duduk manis namun kalau banyak pikiran dijamin tubuh mudah lelah bahkan mengalami depresi. Ketika dibiarkan maka akan menurunkan imunitas tubuh sehingga gampang sakit, salah satunya gangguan kesehatan satu ini. Usahakan memahami alarm tubuh, kapan bekerja dan kapan istirahat agar tetap sehat.

  • Sedang musim pancaroba atau peralihan,

Musim pancaroba merupakan musim peralihan dari musim hujan ke musim kemarau atau sebaliknya. Biasanya cuaca gampang berubah-ubah dan menciptakan suasana yang tidak nyaman bagi tubuh. Sehari kedinginan karena hujan turun seharian namun besok paginya kepanasan karena cuaca sangat terik. Perlahan kekebalan alami tubuh akan menurun sehingga mudah sakit, baik flu maupun gangguan kesehatan ringan lainnya. Anda bisa mencegah masuk angin di musim pancaroba dengan menjaga makan dan konsumsi Vitamin C supaya daya tahan tubuh tetap tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *