4 Tips Aman Mengkonsumsi Obat Warung Agar Terhindar dari Efek yang Berbahaya

By | May 12, 2018

Kebanyakan dari masyarakat kita memang akrab sekali dengan obat warung yang bermanfaat untuk meredakan rasa sakit. Umumnya obat yang dijual bebas di warung-warung ini untuk mengatasi keluhan sakit kepala, pilek, demam, pegal linu, dan sejenisnya. Konsumsi dalam kadar yang masih wajar tentu tidak masalah namun jika keluhan terjadi terus menerus dan langsung mengkonsumsi obat dari warung tersebut. Tentunya perlahan akan memberi efek samping merugikan apalagi jika kebiasaan ini sudah berlangsung cukup lama, maka perlu berhati-hati.

4 Tips Aman Mengkonsumsi Obat Warung Agar Terhindar dari Efek yang Berbahaya

Tips Aman Mengkonsumsi Obat yang Dijual Bebas

Supaya obat yang dibeli dari warung tidak memberikan efek berbahaya dan merugikan maka perhatikan tips aman mengkonsumsinya berikut ini:

  • Memperhatikan kode lingkaran pada kemasan,

Dalam dunia obat-obatan, baik yang dijual di apotek maupun dijual bebas di warung-warung akan disertai kode berupa lingkaran. Lingkaran ini diberi warna dengan arti berbeda ada yang diberi warna merah, warna biru, maupun hijau. Pahami arti setiap warna tersebut sehingga sejak awal tahu sudah mengkonsumsi obat keras atau tidak untuk memperhatikan betul dosisnya. Kalau asal diminum dan terlalu sering malah membahayakan kesehatan, dan berlaku untuk obat minum maupun obat luar.

  • Baca komposisinya,

Khusus untuk Anda yang memiliki riwayat alergi obat dianjurkan untuk membaca komposisi bahan yang menyusun obat tersebut. Lebih-lebih untuk obat warung yang tentu dibuat dari aneka jenis bahan yang bermanfaat untuk meredakan rasa sakit. Komposisi ini juga menjadi penentu apakah obat tersebut mengandung zat atau senyawa yang berbahaya. Anda yang memang familiar dengan obat-obatan tentu tidak kesulitan untuk membedakan, dan bagi yang awam manfaatkan informasi kesehatan dari internet.

  • Cek tanggal kadaluarsanya,

Obat yang dijual bebas di pasaran tentunya memiliki tanggal kadaluarsa, begitupun obat dari dokter. Maka saat belanja obat di warung cek tanggal kadaluarsanya jangan sampai meminum obat yang sudah tidak layak konsumsi. Beruntung jika efeknya hanya merasa pusing sejenak namun bagaimana jika pingsan, keracunan, sampai harus dirawat di rumah sakit? Tentunya sangat merugikan, maka bijaklah dalam mengkonsumsi obat-obatan dari warung selain perlu cek komposisinya juga perlu tahu tanggal layak konsumsinya sampai kapan.

Baca juga Tips Mengkonsumsi Obat Warung dengan Benar

  • Baca aturan minumnya,

Setiap obat yang ada di pasaran tentu dari produsennya sudah dicantumkan mengenai dosis atau aturan minumnya. Hanya saja banyak yang mengabaikan, padahal dosis ini sangat penting dipahami untuk kemudian dipatuhi. Supaya mencegah adanya resiko over dosis maupun efek samping lainnya. Aturan minum ini dibuat dengan penelitian panjang dan bukan sekedar pajangan, asalkan dipatuhi maka dijamin nyaman dan keluhan yang dirasakan akan segera membaik. Maka minum obat warung dengan bijak supaya tidak berdampak merugikan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *