4 Tips Atasi Batuk Berdahak Tanpa Obat-obatan Kimia

By | May 20, 2018

Siapapun yang memang mengalami batuk berdahak tentu akan mengaku tidak nyaman sama sekali saat melakukan aktifitas apapun. Bahkan penderita batuk ini akan mengalami gangguan tidur karena sedikit-sedikit batuk muncul dan terasa sangat menyakitkan di dada sampai ulu hati. Ketidaknyamanan semakin terasa manakala terasa ada dahak yang berkumpul di tenggorokan dan serasa minta keluar segera. Maka perlu menyediakan tempat khusus untuk menampung dahak tersebut, atau sering keluar masuk kamar mandi supaya tenggorokan lega dan tidak gatal.

4 Tips Atasi Batuk Berdahak Tanpa Obat-obatan Kimia

Mengatasi Batuk yang Berdahak

Batuk yang disertai dahak bisa dialami oleh siapa saja baik anak-anak sampai orang dewasa, dan secara unik bisa ditangani tanpa obat-obatan. Berikut adalah penanganan tersebut:

  • Minum air putih lebih banyak,

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh rupanya dapat membantu mengatasi batuk yang disertai dahak. Sebab menjaga saluran pernafasan tetap lembab dan tidak mengalami dehidrasi bisa membuat dahak terasa longgar dan basah sehingga mudah keluar. Ketika sudah lega maka batuk yang berdahak ini akan segera sembuh, maka minum air putih sebanyak mungkin. Bisa pula memilih sumber air lainnya misalnya saja cairan yang mengandung elektrolit.

  • Rutin mengkonsumsi madu,

Berdasarkan sebuah survei yang dilakukan Penn State Collage of Medicine menunjukan anak-anak yang mengalami batuk berdahak jika diberi minum madu sebelum tidur. Memiliki kesempatan lebih besar untuk segera sembuh, hal ini karena di dalam madu terdapat senyawa anti bakteri yang efektif mengatasi bakteri penyebab batuk jenis tersebut. Anda bisa mengkonsumsinya langsung ataupun diminum bersama air hangat untuk meredakan batuk yang berdahak tanpa perlu obat-obatan kimia dari dokter.

  • Menikmati sop ayam,

Sop ayam menjadi sajian yang baiknya disantap ketika mengalami batuk yang disertai dahak, dan tidak kunjung reda. Sajian satu ini ternyata mengandung zat espektoran yang sangat baik untuk meredakan gangguan batuk apalagi yang berdahak. Disarankan untuk dinikmati selagi masih hangat supaya memberi efek melegakan. Hirup pula aroma sup ayamnya yang memang nikmat untuk membantu melegakan saluran pernafasan. Rutin dikonsumsi selama batuk akan membantu menyembuhkannya secara alami meski tidak mempergunakan obat-obatan apapun. Jadi silahkan dicoba bagi yang takut ketergantungan obat kimia.

Baca juga Langkah Alami untuk Mengatasi Batuk Berdahak

  • Gunakan minyak kayu putih,

Aroma esensial yang keluar dari minyak kayu putih punya efek yang sangat besar untuk melegakan tenggorokan dan saluran pernafasan. Anda bisa menghirupnya selama mengalami batuk disertai dahak, supaya batuk tersebut reda secara perlahan. Hasil lebih efektif bisa dilakukan dengan cara menambahkan beberapa tetes minyak kayu putih ini ke dalam air hangat di baskom. Hirup uap air dari air hangat bercampur minyak kayu putih tersebut maka perlahan namun pasti batuk berdahak akan reda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *