5 Cara Mengobati Patah Tulang Ringan Secara Alami

By | October 12, 2018

Benturan yang tajam dengan benda keras atau kecelakaan sering kali menyebabkan terjadinya patah tulang, yaitu sebuah kondisi dimana bagian tulang dalam mengalami cidera baik itu retak sampai dengan benar-benar putus. Dalam beberapa kondisi hal ini masih bisa diobati atau disambung lagi, tentunya dengan menggunakan beberapa macam metode pengobatan, mulai dari jalan operasi, terapi ataupun dengan di gips.

 5 Cara Mengobati Patah Tulang Ringan Secara Alami

Hanya saja tak jarang beberapa orang yang cideranya masih cukup ringan tidak memilih jalan pengobatan secara media, melainkan dengan menggunakan cara-cara alami, sebenarnya bukan masalah, karena beberapa langkah pengobatan alami juga ada yang efektif dalam mengatasi patah tulang ini, diantaranya adalah: 

  1. Meningkatkan asupan kalsium yang masuk kedalam tubuh, seperti yang diketahui bahwa senyawa yang satu ini memiliki peran yang sangat penting di dalam pembentukan tulang dan juga gigi, ketika tulang mengalami retak atau patah tentunya ada beberapa bagian kalsium yang rusak atau terkikis, bisa diatasi dengan cara memperbanyak asupan kalsium kedalam tubuh. Seperti dengan mengkonsumsi susu ataupun produk olahannya.
  2. Mengkonsumsi teh hijau. Teh hijau adalah minuman yang dikenal memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Salah satu diantaranya adalah pengobatan pada masalah tulang, caranya mudah yaitu dengan mengkonsumsi paling tidak 5 cangkir teh hijau asli, tanpa ditambah dengan gula setiap harinya.
  3. Pemijatan. Massage tak hanya bermanfaat di dalam mengatasi pegal linu saja, melainkan lebih dari itu juga banyak digunakan sebagai alternatif dalam pengobatan mereka yang mengalami patah pada tulang. Karena dapat meningkatkan sirkulasi darah yang ada pada tubuh, ketika sirkulasi darah berjalan lancar, maka akan mempercepat penyembuhan tulang yang patah tersebut.
  4. Terapi panas. Terapi yang satu ini agaknya juga bisa dilakukan sendiri di rumah, langkah-langkahnya mudah, yaitu dengan menggunakan handuk dan juga air panas, masukkan handuk ke air panas tersebut, kemudian peras, dalam kondisi yang masih hangat gunakan untuk membasuh bagian yang patah tersebut, atau bisa juga dengan merendam secara langsung kaki ke air hangat, jika memang tak ada bagian yang luka luar.
  5. Latihan. Beberapa jenis latihan juga dapat digunakan untuk pengobatan masalah yang satu ini. namun tentunya latihan ini juga harus didampingi oleh pelatih khusus, biasanya adalah seorang terapis yang mengetahui seluk beluk pengobatan terkait dengan tulang yang patah tersebut.

Baca juga artikel menarik lainnya di obatperawatan.com

Ingat bahwa beberapa jenis pengobatan patah tulang tersebut hanya dikhususkan untuk kondisi yang ringan saja, sedangkan jika kondisi tulang yang patah cukup parah, seperti diantaranya adalah karena kecelakaan, maka sebaiknya langsung dibawa ke rumah sakit. Karena ketika tidak diobati secara benar, nantinya hanya akan menimbulkan resiko cacat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *