5 Cara Mudah Mengobati Keseleo Leher Sendiri di Rumah

By | October 14, 2018

Meskipun bermanfaat, namun ketika Anda tidur dengan posisi yang salah, hal ini sangat rentan menyebabkan cidera, salah satu diantaranya adalah keseleo leher. Mungkin banyak yang sering mengalaminya, dimana bagian leher menjadi tegang dan juga sakit ketika digunakan untuk menengok, tentunya hal ini akan sangat menganggu aktivitas atau pekerjaan bukan. Faktor penyebabnya sendiri bisa karena bantal yang digunakan kurang nyaman, misalnya adalah ukurannya yang terlalu tinggi.

 5 Cara Mudah Mengobati Keseleo Leher Sendiri di Rumah

Gangguan yang terjadi pada otot-otot leher ini hendaknya harus segera Anda atasi agar tidak semakin parah. Karena pada beberapa kondisi hal ini juga rentan sekali menyebabkan masalah yang lebih serius, seperti diantaranya adalah fungsi otot bagian leher yang semakin lama akan semakin turun, tentunya berbahaya bukan. Untuk itu berikut ini diantara langkah-langkah pengobatan yang bisa Anda coba dalam mengatasi keseleo leher, yaitu: 

  1. Pemijatan. Pijat adalah cara yang paling banyak dipilih untuk mengobati kondisi yang semacam ini, dengan memperbaiki bagian otot yang tegang nantinya akan mengembalikan fungsinya sebagaimana mestinya, namun hanya lakukan pemijatan pada mereka yang sudah ahli saja, sehingga tidak sampai salah urat atau justru bertambah parah. Pemijatan hendaknya juga tak hanya dilakukan sekali, melainkan beberapa kali agar hasilnya lebih efektif.
  2. Peregangan otot. Ketika otot menjadi kejang disebabkan oleh kontraksi yang berlebihan pada serabut-serabut syaratnya, maka langkah yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan peregangan. Peregangan ini sendiri agaknya bisa dilakukan sendiri di rumah, rutinitas semacam ini memang sangat dibutuhkan, apalagi bagi Anda yang sering kali bekerja di depan komputer secara terus menerus untuk menghindari resiko cider.
  3. Gunakan obat-obatan diantaranya adalah salep yang memang banyak dijual di pasaran, obat oles yang satu ini secara efektif dapat digunakan untuk melemaskan bagian otot yang cidera tersebut. Banyak dijual di apotek, namun hanya beli sesuai dengan resep yang sudah diberikan oleh dokter.
  4. Melakukan latihan-latihan dasar. Terapi sendiri semacam ini juga sangat dianjurkan untuk mengobati masalah pada leher, khususnya jika kondisi cidera tak begitu parah. Namun juga harus diingat bahwa jenis latihan yang dilakukan hendaknya ringan-ringan saja, jangan memaksakan diri untuk latihan otot yang berlebihan, karena takutnya resiko cidera juga akan semakin parah.
  5. Kompres. Pengompresan juga dapat dilakukan untuk meringankan kondisi cidera pada otot leher, sebaiknya kompres menggunakan air hangat untuk melancarkan peredaran darah.

 Baca juga artikel menarik lainnya di obatperawatan.com

Keseleo leher ini adalah hal yang mungkin terjadi pada siapa saja, baik itu anak-anak hingga orang dewasa. Untuk itu selektif dalam memilih bantal yang akan dipakai untuk tidur, jangan gunakan yang terlalu tinggi, pilih juga material atau bahan yang nyaman.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *