5 Gejala Penyakit Kanker Lidah Ini Jika Diabaikan Bisa Merenggut Nyawa

By | February 2, 2018

Sebagai indera perasa lidah memang memiliki peran yang sangat penting bagi manusia, umumnya organ tubuh yang satu ini digunakan untuk mendeteksi apapun rasa makanan yang masuk kedalam mulut, mulai dari yang enak sampai yang tidak enak. Bahkan kondisi tubuh yang kurang baik juga akan sangat mempengaruhi kinerja dari lidah, umumnya lidah akan mendeteksi dengan kurang aktifnya indera perasa tersebut. Sering kali berbagai macam masalah kesehatan juga menjangkiti organ tubuh tersebut, diantaranya adalah sariawan hingga yang paling fatal adalah kanker lidah.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa kanker termasuk salah satu jenis penyakit yang sangat mematikan, bahkan sudah merenggut hingga ribuan nyawa. Masalah kesehatan yang satu ini memang bisa menyerang bagian tubuh manapun, tak terkecuali adalah lidah. Sehingga patut untuk diwaspadai. Adapun setidaknya beberapa gejala awal penyakit kanker lidah ini yang harus diketahui sehingga pengobatan nantinya tidak salah kaprah, diantaranya adalah:

  1. Luka atau benjolan pada lidah, banyak yang menyebutnya sebagai sariawan karena pada umumnya gejala awalnya memang mirip seperti sariawan namun kondisi semacam ini tidak bisa sembuh, bahkan setelah diobati menggunakan berbagai jenis obat untuk sariawan.
  2. Rasa sakit hingga kesulitan untuk menelan, luka atau benjolan tersebut akan menyebabkan rasa yang sakit ketika mulut digunakan untuk memasukkan makanan, biasanya rasa sakit juga tidak hanya terjadi pada lidah saja, melainkan hingga tenggorokan sehingga mengalami kesulitan untuk menelan.
  3. Perubahan suara hingga kesulitan dalam hal berbicara, jangan sepelekan karena lama kelamaan penyakit kanker ini juga akan mempengaruhi pita suara, membuat penderitanya kesulitan untuk mengeluarkan suara. Bahkan suara tiba-tiba mengalami perubahan menjadi jauh lebih nyaring.
  4. Munculnya benjolan pada bagian getah bening, gejala lainnya yang juga wajib untuk diwaspadai adalah benjolan, namun bukan pada bagian lidah atau mulut lagi, melainkan kelenjar getah bening. Pada bagian leher akan mengalami benjolan yang tidak kunjung menghilang dan rasanya juga sakit ketika disentuh.
  5. Jika sariawan sendiri adalah luka yang terasa lunak ketika dipegang, namun biasanya luka pada kanker ini berbeda cirinya, terasa keras ketika dipegang dan juga menunjukkan rasa sakit. Tidak sembuh meskipun sudah lewat hingga 2 minggu setelah diobati.

Sama halnya dengan jenis kanker yang lainnya penyakit ini juga sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kematian. Kanker lidah ini bisa terjadi pada siapa saja karena pengaruh konsumsi atau gaya hidup yang salah. Jika dibiarkan tentunya bukan hanya rasa sakit yang diterima, melainkan juga dapat merenggut nyawa, segera dapatkan pengobatan untuk mengatasi masalah tersebut. Berbagai jenis pengobatan mulai dari obat hingga kemoterapi ditawarkan untuk bisa sembuh dari kanker ini.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *