5 Hal yang Sering Dilakukan Secara Tidak Sadar dan Dapat Memicu Penyakit Kanker Kulit

By | February 7, 2018

Banyak orang yang menyepelekan kondisi kulit mereka, menggunakan berbagai macam produk kosmetik untuk bisa tampil lebih putih, merubah warna asli kulit agar terlihat lebih cantik, tanpa tau ada dampak buruk yang menanti. Yaitu resiko terkena penyakit kanker kulit. Jenis kanker yang satu ini tidak kalah mematikan dibandingkan dengan kanker yang lainnya. Hanya saja memang jarang yang mengetahui. Penyakit kanker adalah sebuah kondisi dimana virus menyerang dan merusak jaringan tubuh.

Hingga saat ini masih belum ada langkah penanganan atau pengobatan yang efektif untuk mengatasi kondisi tersebut. Bahkan tingkat kematian yang disebabkan oleh penyakit tersebut kian lama kian mengalami peningkatan. Itulah mengapa wajib bagi setiap orang untuk berhati-hati, mengenali gejalanya dan segera melakukan langkah pengobatan. Lebih dari itu sebenarnya upaya pencegahan jauh lebih diutamakan, untuk bisa terhindar dari penyakit tersebut, tidak hanya sulit diobati, jika melihat langkah-langkah pengobatan atau penanganannya sendiri juga sangat mahal. Bahkan bisa menguras harta.

Baca juga: Makanan Pencegah Kanker Kulit yang Baik untuk Dikonsumsi

Banyak hal-hal sepele yang secara tidak disadari sebenarnya bisa memicu terjadinya kanker kulit, diantaranya adalah:

  1. Berlama-lama dibawah sinar matahari tanpa perlindungan dari sunblock atau body screen. Meskipun pada dasarnya sinar matahari sehat untuk kulit, namun semakin kesini kian banyak jumlah sinar UV yang masuk ke bumi, paparan dari sinar ultraviolet ini bisa memicu kerusakan jaringan kulit sehingga memicu terjadinya kanker.
  2. Mencoklatkan kulit, tanning adalah sebuah cara yang banyak dilakukan untuk mendapatkan kulit yang hitam eksklusif, di Indonesia sendiri mungkin kurang populer, namun tidak di negara-negara barat. Agar bisa tampil cantik mempesona banyak orang yang melakukan tanning, hasilnya memang efektif pembentukan pigmen pada kulit dengan cara paksaan ini juga beresiko untuk merusak sel-sel kulit dan memicu kanker.
  3. Senang berenang di laut atau pantai, meskipun sudah menggunakan sunblock namun wisata di pantai ini apalagi bermain air ini juga memicu paparan sinar matahari langsung setelah sunblock hilang, akibatnya kulit bukan hanya gosong terbakar matahari, melainkan juga bisa menyebabkan terjadinya kerusakan bahkan kanker.
  4. Menggunakan produk kosmetik pemutih kulit yang tidak aman, banyak beredar produk-produk kecantikan dengan kandungan bahan mercury dan juga hydroquinone. Bahan-bahan tersebut memang bisa secara cepat memutihkan kulit karena memicu terjadinya pengelupasan dan perubahan warna kulit menjadi lebih cerah, namun dampaknya sangat berbahaya, karena logam berat tersebut juga dapat menyebabkan kanker.
  5. Memakai produk kosmetik yang sudah kadaluarsa, melebihi dari tanggal layak penggunaan, biasanya bahan-bahan yang ada di dalamnya juga sudah mulai mengalami perubahan, sehingga bisa merusak kulit secara perlahan tanpa disadari.

Setidaknya 5 hal tersebut memang bisa memicu terjadinya kanker kulit tanpa disadari.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *