5 Jenis Masalah Kesehatan yang Harus Diwaspadai Saat Cuaca Dingin

By | October 18, 2018

Perubahan cuaca yang cukup ekstrim memang sering kali membuat masyarakat mengalami syok. Banyak diantaranya yang kemudian terjangkit beberapa jenis penyakit. Khususnya ketika kondisi cuaca dingin. Beberapa waktu lalu Indonesia sempat mengalaminya. Diantaranya adalah wilayah Jawa dan juga Sumatera yang diterpa oleh angin musim dingin yang berasal dari Australia, membuat cuaca berubah menjadi sangat dingin. Bahkan di beberapa kawasan pegunungan diterpa kabut es.

 5 Jenis Masalah Kesehatan yang Harus Diwaspadai Saat Cuaca Dingin

Cuaca yang semacam ini patut untuk diwaspadai, karena kebanyakan diantara masyarakat yang tinggal di kawasan tropis belum pernah mengalami yang semacam ini, maka resiko gangguan kesehatan juga terbilang cukup tinggi. Berikut ini diantaranya ada beberapa jenis penyakit yang rentan semakin menyerang saat cuaca dingin, patut untuk diwaspadai, yaitu: 

  1. Asma. Anda yang memiliki resiko atau riwayat menderita paru-paru, hendaknya harus menjaga suhu badan tetap hangat ketika suhu cukup dingin, karena takutnya nanti akan kembali lagi. Asma menyebabkan rasa sesak dan juga kesulitan untuk bernapas apalagi di malam hari, akan diperparah karena kondisi cuaca.
  2. Depresi. Ini adalah penyakit yang berhubungan dengan psikis, beberapa kalangan yang tak terbiasa dengan suhu udara yang rendah memang sangat rentan terkena masalah yang satu ini. membuat mereka mengalami perasaan sedih. Bahkan juga beresiko tinggi menyebabkan mereka mengalami obesitas, karena saat suhu udara dingin akan menyebabkan nafsu makan meningkat.
  3. Pilek dan flu. Ini termasuk jenis penyakit ringan yang mudah menjangkiti siapa saja, apalagi ketika kondisi cuaca sedang dingin, karena perkembangbiakan bakteri dan juga virus tergolong cukup cepat dan juga sangat cepat menyerang manusia, apalagi saat suhu udara dingin daya tahan tubuh juga akan melemah.
  4. Diare. Bukan sebuah rahasia lagi jika seandainya masalah pencernaan ini paling cepat menyebar atau mewabah saat musim hujan, karena memang bakteri-bakteri cepat berkembang biak terbawa oleh aliran air. Apalagi saat ada bencana alam seperti diantaranya adalah banjir, maka resiko terkena diare menjadi semakin tinggi.
  5. Jantung. Ketika suhu udara rendah atau dingin, hal ini berdampak pada kekentalan darah yang semakin meningkat, sehingga menyebabkan tekanan darah juga semakin tinggi, resiko terkena serangan jantung secara mendadak juga cukup tinggi. Bahkan jika dilihat grafik kematian karena penyakit kardio tersebut pada saat cuaca sedang dingin juga sangat tinggi. Jadi yang memang sudah memiliki gangguan jantung wajib memperhatikan pola hidupnya, rajin-rajin melakukan olahraga.

Baca juga artikel menarik lainnya di obatperawatan.com

Jangan sampai Anda ikut terjangkit 5 masalah kesehatan yang rentan menjangkiti saat cuaca dingin tersebut. Ada baiknya untuk memperbaiki pola hidup, rajin olahraga dan juga pastikan asupan nutrisi yang seimbang sehingga nantinya daya tahan tubuh tetap kuat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *