5 Langkah Mudah Mencegah Penyakit Liver yang Bisa Diterapkan Sedini Mungkin

By | February 5, 2018

Hati adalah organ tubuh yang memiliki fungsi dalam menyerap racun yang masuk kedalam tubuh, sehingga zat berbahaya dapat dinetralisir dan tidak menyebabkan keracunan. Namun dengan terlalu sering mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung racun tentunya berbahaya karena bisa menyebabkan terjadinya kerusakan pada hati Anda. Salah satu jenis penyakit berbahaya yang berpotensi menyerang organ ini adalah penyakit liver. Pastinya sudah tidak begitu asing lagi dengan namanya.

Liver dikenal juga sebagai gagal hati, hati mengalami kerusakan parah sehingga tidak bisa lagi berfungsi sebagaimana mestinya. Hal ini tentunya tidak hanya berdampak kepada racun yang begitu saja merusak tubuh, melainkan juga kerusakan organ-organ lain yang pada dasarnya memang sangat bergantung pada kinerja dari hati ini sendiri, sehingga patut untuk diwaspadai, mengingat penyakit tersebut beresiko untuk menyerang siapa saja, baik itu anak-anak maupun orang dewasa.

Baca juga: Tanaman yang Bisa Digunakan Sebagai Obat Liver

Agar terhindari dari penyakit liver ini hendaknya ketahui juga beberapa cara untuk pencegahannya, yaitu:

  1. Jangan merokok, rokok adalah zat yang kandungan racunnya sangat tinggi, bagi para perokok untuk beberapa tahun mungkin tidak akan mengalami gangguan apapun, karena hati masih bisa bekerja untuk menetralkan racun yang masuk ke dalam tubuh, namun semakin lama dan banyak zat racun yang diterima oleh rokok maka akan memicu kerusakan hati terlebih dahulu sebelum organ-organ yang lainnya.
  2. Batasi konsumsi alkohol, selain rokok maka alkohol juga bisa menjadi sumber masalah bagi hati, bahkan bukan hanya liver ini saja, melainkan penyakit seperti kanker perut juga rentan menjangkiti mereka yang memiliki kebiasaan konsumsi alkohol dalam jumlah banyak.
  3. Pastikan untuk melakukan pemeriksaan secara berkala, istilah lainnya adalah check up, dengan melakukan pemeriksaan dari dokter maka memungkinkan untuk mengetahui kondisi yang terjadi pada organ tubuh Anda, seperti diantaranya adalah jumlah kolesterol, kemungkinan darah tinggi hingga kemungkinan infeksi virus yang menjangkiti hati. Yaitu hepatitis yang memang menjadi sumber liver.
  4. Olahraga secara teratur, faktor resiko lainnya yang membuat seseorang mudah terkena penyakit ini adalah berat badan berlebih, faktanya obesitas tidak hanya menyebabkan kerusakan pada pankreas, melainkan juga kerusakan pada hati manusia. Untuk itu terapkan aktivitas fisik secara teratur yaitu olahraga.
  5. Bekerja di lingkungan yang sehat, paparan bahan kimia dalam sebuah kawasan industri mungkin tidak akan menimbulkan masalah secara langsung, namun tidak dalam jangka waktu panjang. Racun tersebut akan mulai bereaksi merusak hati karena sudah tidak bisa lagi digunakan untuk menetralkannya.

Cintai hati Anda dengan melakukan 5 hal di atas, cara terbaik untuk terhindar dari penyakit liver. Masalah kesehatan yang satu ini tidak bisa disepelekan karena kenyataannya sudah merenggut banyak nyawa.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *