5 Langkah Pertolongan Pertama Pada Pendarahan yang Bisa Dilakukan Agar Tidak Berdampak Fatal

By | October 11, 2018

Pendarahan merupakan sebuah kondisi dimana bagian tubuh luar mengalami luka, baik itu goresan maupun terkena benturan benda tajam yang cukup dalam, sehingga menyebabkan darah terus menerus keluar, jika dibiarkan hal ini tentunya akan sangat membahayakan bagi nyawa. Mengingat bisa menjadi faktor pemicu kehilangan banyak darah dan juga menyebabkan terjadinya kematian. Umumnya kondisi yang satu ini harus segera mendapatkan pertolongan agar tidak bertambah parah.

 5 Langkah Pertolongan Pertama Pada Pendarahan yang Bisa Dilakukan Agar Tidak Berdampak Fatal

Berikut ini diantaranya ada beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk menolongnya, yaitu: 

  1. Tekan langsung bagian yang terluka tersebut, jangan membuang-buang waktu dengan mencari penutup luka, karena pada proses pencarian ini sudah memakan banyak waktu dan darah akan terus menerus keluar. Untuk mengatasinya maka bisa disiasati dengan cara menekan di samping bagian yang terluka, atau dimana darah tersebut terus menerus keluar, sehingga tak banyak darah yang terbuang.
  2. Tinggikan anggota tubuh yang mengalami cidera tersebut, langkah selanjutnya yang dapat dilakukan untuk menghentikan darah agar tidak terus-terusan keluar adalah dengan meletakkan bagian yang terluka tersebut ke tempat yang agak tinggi, atau meninggikan dari posisi sebelumnya, sehingga nantinya darah tidak akan keluar lagi.
  3. Jika pendarahan tersebut terus menerus berlangsung, maka dapat disiasati dengan cara menekan titik arteri di atas daerah yang terluka atau terus keluar darah. Memang ada beberapa titik tekan yang secara efektif bisa mengatasi hal ini, diantaranya adalah arteri yang berada pada lengan atas, kemudian arteri yang ada pada pergelangan tangan dan juga arteri yang ada pada lipatan paha, ini akan langsung menghambat darah yang ingin keluar dari bagian yang terluka tersebut, pertahankan tekanan tersebut sampai mendapatkan pertolongan atau luka nantinya dibalut.
  4. Segera pasang pembalut untuk menekan bagian yang terluka, tentunya tidak selamanya bagian yang terluka tersebut harus dipegangi atau ditekan menggunakan tangan bukan, untuk itu langkah terbaiknya adalah dengan memasangkan pembalut, pasang pada area yang dapat menekan darah agar tak keluar secara benar.
  5. Jangan secara langsung memindahkan mereka yang terluka tersebut, karena bisa jadi kesalahan dalam mengambil posisi justru akan membuat luka semakin parah, cukup dengan menyingkirkan benda-benda berbahaya yang ada di sekitarnya saja. Setelah bantuan dari pihak medis datang, maka bisa segera membawa korban tersebut ke rumah sakit guna mendapatkan pertolongan lanjutan.

Baca juga artikel menarik lainnya di obatperawatan.com

Meskipun sepele, namun sering kali kesalahan dalam menolong mereka yang pendarahan justru menghilangkan nyawa korban. Patut untuk diketahui bahwa darah ini adalah bagian terpenting dari manusia, memiliki fungsi dalam mengirimkan oksigen dan juga sari-sari makanan ke seluruh bagian tubuh, ketika kehilangan banyak darah, tentunya bagian tubuh lainnya akan mengalami kematian jaringan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *