5 Pantangan Penyakit Wasir yang Harus Dihindari

By | June 16, 2018

Wasir atau yang dikenal sebagai ambeien adalah penyakit dimana pembuluih darah di bagian rectum (anus) mengalami pembengkakan dan meradang. Penyebab penyakit ini memang belum diketahui dengan jelas, namun ada kemungkinan jika hal ini berkaitan dengan peningkatan tekanan di dalam pembuluh darah yang ada di bagian atau sekitar anus. Bagi Anda yang menderita penyakit wasir, ada beberapa pantangan yang perlu Anda ketahui sehingga nyeri yang Anda rasakan bisa cepat sembuh.

5 Pantangan Penyakit Wasir yang Harus Dihindari

Makanan

Ketika Anda sedang terkena penyakit wasir, maka ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan terutama pada makanan yang dikonsumsi sehari-harinya. Jangan sampai makanan yang Anda konsumsi memperparah kondisi wasir Anda. Ada beberapa makanan yang harus Anda batasi mulai dari produk olahan susu, roti putih, daging olahan, makanan olahan, karbohidrat olahan, makanan cepat saji, dan makanan beku. Selain itu batasi pula asupan garam dan hindari mengkonsumsi makanan pedas, buah sitrus, dan alcohol.

Jangan Tunda Buang Air Besar

Ada baiknya jika Anda jangan sampai menunda buang air besar saat terkena wasir. Saat perut sudah mulai merasa ingin mengeluarkan isi di dalamnya, maka segeralah ke toilet. Menunda buang air besar hanya akan memperparah kondisi wasir yang Anda alami.

Mengangkat Kaki

Jika Anda menggunakan toilet duduk, akan lebih baik untuk mengangkat sedikit kaki ataupun Anda bisa memijakkan kaki ke atas bangkut kecil. Posisi ini akan membuat posisi rektum menjadi berubah sehingga memungkinkan agar tinja juga dapat keluar lebih mudah.

Jangan Mengejan

Usahakan jangan mengejan saat buang air besar. Hal ini menjadi pantangan yang harus Anda hindari. Dengan mengejan maka Anda memberikan tekanan yang lebih banyak di pembuluh darah yang ada di rectum, yang mana menjadi penyebab umum penyakit wasir. Bahkan tak hanya itu saja, meningkatkan tekanan di pembuluh darah juga dapat disebabkan karena batuk kronis, benda berat, dan kehamilan.

Jangan Terlalu Lama Berada di Kamar Mandi

Pantangan lainnya yang harus Anda hindari adalah berlama-lama di kamar mandi. Tak jarang banyak orang yang membawa buku, hp, bahkan tablet saat akan buang air besar di kamar mandi. Hal ini lah yang kemudian membuat orang betah berlama-lama di dalam kamar mandi. Padahal hal ini malah akan semakin meningkatkan risiko tekanan yang ada di pembuluh darah. Apalagi jika Anda menggunakan toilet duduk untuk buang air besar.

Baca juga: Mengenal Penyebab dan Ciri Penyakit Ambeien Lebih Dalam

Selain menjauhi 5 pantangan diatas, akan lebih baik juga untuk melakukan gaya hidup sehat setiap harinya. Jangan lupa pula untuk mengkonsumsi obat-obatan yang sudah diresepkan dokter untuk mempercepat penyembuhan. Dengan pengobatan medis, maka penyakit wasir Anda bisa disembuhkan. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *