5 Perawatan Wajah Berjerawat yang Terbukti Berkhasiat

By | October 13, 2016

Memiliki jerawat diwajah menjadi momok yang menakutkan karena jerawat bisa mengganggu penampilan dan membuat kepercayaan diri menurun. Perawatan wajah kulit berjerawat berbeda dengan perawatan kulit sehat, kulit berjerawat membutuhkan perawatan khusus. Salah satunya adalah kebiasaan saat malam hari. Seperti apa perawatan khusus untuk wajah berjerawat? Simak pembahasannya berikut ini

  • Membersihkan Wajah Setiap Malam Sebelum Tidur

Salah satu penyebab wajah berjerawat adalah karena banyak kotoran yang menumpuk di kulit, karena tumpukan kotaran debu dan sisa sisa makeup bisa membuat pori-pori kulit wajah menjadi terganggu.

Nah, jadi bisakan tiap malam membersihkan wajah dengan pembersih khusus wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu. Sekarang ada dua jenis pembersih wajah yang bisa Anda pilih, yaitu pembersih wajah dalam bentuk facial wash dan pembersih wajah manual yang membutuhkan dua tahap membersihkan yaitu dengan cairan pembersih dilanjutkan dengan cairan penyegar.

  • Memberikan Masker Ringan

Selain membuat wajah terlihat lebih segar, penggunaan perawatan wajah menggunakan masker bisa membantu mengurangi jerawat di wajah. Anda bisa membuat masker alami dari buah-buahan atau sayuran. Pilih buah yang memiliki kadar vitamin A, C dan E serta kandungan mineral. Seperti: buah lemon, wortel, mentimun, bengkoang dsb.

Jika Anda tidak ada waktu membuat masker alami sendiri di rumah, bisa beli masker dalam bentuk kemasan di swalayan atau toko-toko kosmetik. Ada banyak pilihan jenis masker dari berbagai merk, namun pastikan masker yang digunakan sesuai dengan jenis kulit dan bisa membantu menghilangkan jerawat.

  • Gunakan Obat Jerawat yang Aman

Ada banyak merk obat jerawat yang dijual dipasaran. Namun pastikan obat yang digunakan tidak mengandung merkuri. Lebih aman sebaiknya periksa terlebih dahulu ke dokter dan konsultasikan masalah kulit berjerawat untuk mendapatkan rekomendasi obat jerawat yang tepat.

Baca juga: Miliki 6 Produk Kosmetik Wajib Ini untuk Menunjang Kecantikan Wajah Anda

Biasanya dokter akan memberikan obat jerawat dalam bentuk krip atau salep. Obat yang diberikan biasanya mengandung benzoyl peroxide. Setelah mendapatkan obat perhatikan cara pemakaiannya dan gunakan secara teratur hingga jerawat hilang.

  • Gunakan Makeup yang Ringan

Penyebab jerawat bisa karena sering menggunakan make up yang berat. Untuk menghindari jerawat dan mengurangi jerawat salah satu cara yang efektif adalah menggunakan makeup yang ringan.

  • Pola Hidup Sehat

Pola hidup yang sehat seperti: tidur secara teratur, makan buah-buahan dan sayuran serta menjauhkan diri dari rokok dan alcohol bisa mencegah wajah terkena jerawat. Selain itu air putih juga bisa membantu mengeluarkan racun atau toksin serta kotoran di dalam kulit. Minum air putih sebelum tidur bisa membantu regenerasi kulit. Oleh sebab itu jangan sepelekan khasiat air putih dan minumlah secara teratur setiap harinya karena air putih sangat bermanfaat dalam perawatan wajah, terutama untuk menghilangkan jerawat di wajah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *