5 Tips Aman yang Bisa Diterapkan Jika Anda Ingin Mengkonsumsi Obat Warung

By | May 13, 2018

Obat warung menjadi solusi paling cepat dan efektif jika terjadi sakit secara mendadak. Sebagian orang sudah banyak yang mengenal jenis obat-obatan yang biasa dijual di warung, seperti obat flu, panas, sakit gigi dan pegal-pegal. Akan tetapi, menurut pakar kesehatan, semua jenis obat yang dijual di warung tergolong obat bebas dan hanya boleh dikonsumsi oleh orang yang tidak memiliki riwayat penyakit tertentu atau dapat dikatakan semua organ tubuhnya dalam keadaan normal. Semua obat yang biasa dijual di warung juga dapat dikatakan sebagai obat simpomatik karena hanya mampu mengatasi gejala sakit yang timbul, namun tidak dapat menyembuhkan sampai ke akar penyakitnya.

 5 Tips Aman yang Bisa Diterapkan Jika Anda Ingin Mengkonsumsi Obat Warung

Sebelum mengkonsumsi salah satu jenis obat yang biasa di jual di warung-warung, sebaiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu apakah obat tersebut aman atau tidak. Anda bisa mengetahui hal tersebut melalui lambang lingkaran yang biasanya terdapat pada setiap kemasan obat yang beredar luas dan dijual di warung. Jika lingkaran tersebut berwarna hijau, maka berarti obat yang akan Anda beli aman untuk dikonsumsi. Akan tetapi, jika lingkarannya berwarna merah, maka berarti obat tersebut tergolong obat keras yang memerlukan resep dokter supaya aman dikonsumsi. 

Namun, sekarang Anda tidak perlu khawatir, di bawah ini akan kita bahas 5 tips aman jika ingin mengkonsumsi obat warung, antara lain:

  1. Perhatikan setiap warna lingkaran pada semua jenis obat yang akan dikonsumsi, pastikan lingkaran tersebut berwarna hijau.
  2. Anda juga perlu memperhatikan kandungan dan dosis pada jenis obat yang dijual di warung tersebut. Umumnya obat yang dijual bebas tidak memiliki dosis yang tinggi sehingga aman untuk dikonsumsi.
  3. Semua dosis obat yang ada pada setiap jenis obat yang dijual bebas biasanya dikhususkan untuk orang dengan organ normal terutama organ ginjal dan hati. Pastikan Anda tidak memiliki riwayat penyakit apapun jika ingin mengkonsumsi obat yang ada di warung-warung.
  4. Batasi waktu mengkonsumsi obat tersebut hanya dalam jangka 3 hari saja. Jika kondisi tidak kunjung membaik, maka hentikan penggunaan obat-obatan tersebut dan segera hubungi dokter terdekat.
  5. Bacalah brosur yang terdapat pada setiap obat yang dijual di warung dengan teliti. brosur ini biasanya akan memberikan informasi meliputi dosis obat, indikasi dan efek samping obat. jika setelah minum obat, muncul salah satu efek sampingnya, maka lebih baik hentikan konsumsi obat tersebut.

Baca juga 4 Tips Aman Mengkonsumsi Obat Warung Agar Terhindar dari Efek yang Berbahaya

Itulah 5 tips aman yang bisa Anda jadikan referensi jika ingin mengkonsumsi obat warung. Akan tetapi, meskipun sudah mematuhi semua langkah di atas, mengkonsumsi obat yang biasa dijual di warung secara terus-menerus juga tidak akan baik untuk kesehatan Anda, terutama pada organ ginjal dan hati, hindari konsumsi jenis obat ini secara berlebihan karena dapat menyebabkan ketergantungan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *