6 Faktor Resiko Penyebab Sakit Pinggang yang Harus Diwaspadai

By | October 26, 2018

Lumbagio atau yang lebih dikenal sebagai sakit pinggang memang menjadi penyakit yang rentan menyerang siapa saja, khususnya adalah di usia dewasa. Meskipun tergolong sebagai jenis penyakit yang ringan, kenyataannya hal ini begitu menganggu aktivitas, karena gerakan sedikit saja akan menyebabkan rasa sakit. Sebagian besar diantara penyebab sakit ini adalah kebiasaan hidup yang tidak sehat atau faktor mekanis.

6 Faktor Resiko Penyebab Sakit Pinggang yang Harus Diwaspadai

Setidaknya lumbago ini sendiri tahapannya terbagi atas 3 jenis, yaitu akut yang dirasakan selama beberapa hari saja, kemudian juga ada lumbago sum akut yang bisa terjadi antara 4 minggu hingga 12 minggu sampai dengan yang kronis atau paling berbahaya. Sehingga wajib untuk diwaspadai, berikut ini diantaranya adalah faktor-faktor yang paling rentan menyebabkan sakit pinggang tersebut dan harus diketahui, yaitu:

  1. Keseleo, cidera yang paling umum dapat menyebabkan lumbago adalah keseleo. Yaitu tendon mengalami tekanan ketika terjadi kecelakaan, misalnya adalah terpeleset, salah posisi duduk atau karena mengangkat beban yang terlalu berat pada saat bekerja, sehingga nantinya ligamen akan robek dan muncul cidera.
  2. Terjadi pengikisan cakram yang ada pada tulang belakang, semakin bertambahnya usia maka sangat mungkin jika seandainya beberapa bagian tubuh mengalami penurunan fungsi, seperti diantaranya adalah kekuatan cakram di dalam menahan beban juga mulai turun.
  3. Struktur tulang yang berubah, contohnya adalah saat seseorang terlalu sering membawa beban di salah satu bagian pundak, maka akan menyebabkan terjadinya skoliosis. Atau terlalu sering menumpu beban di punggung yang memicu terjadinya bungkuk, hal ini secara otomatis akan memicu perubahan struktur tulang, akibatnya penyakit pinggang juga sangat rentan menyerang.
  4. Radikulopati, yaitu sebuah kondisi penekanan pada syaraf tulang belakang secara berlebihan, sehingga sering kali menyebabkan rasa sakit, kesemutan bahkan tak jarang juga mengalami mati rasa.
  5. Cedera yang terjadi pada cakram di tulang belakang, ketika seseorang jatuh atau mungkin terpelintir, maka resiko mengalami cidera pada cakram tulang belakang pun juga akan sangat tinggi. Hal ini secara otomatis menyebabkan rasa sakit pada pinggang, ada sensasi seperti tertusuk atau terbakar.
  6. Stenosis spinal, tekanan yang terjadi pada syaraf sumsum yang disebabkan oleh penyempitan saluran syaraf tulang belakang. Rasa sakit yang dialami oleh penderita juga berbeda-beda, diantaranya ada yang merasa lemas, kram maupun sampai mati rasa, tergantung dari intensitasnya, apakah ringan atau parah.

Baca juga: Tips Menjaga Kesehatan Agar Tubuh Tetap Bugar

Waspadai karena bisa jadi kebiasaan Anda dapat memicu masalah di atas, sehingga timbul sakit pinggang. Patut untuk diketahui bahwa rutinitas bekerja dimana Anda terlalu lama duduk di depan komputer juga menjadi faktor pemicu rasa sakit tersebut, sehingga sempatkan diri untuk melakukan peregangan atau olahraga ringan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *