6 Jenis Tumbuhan Herbal Obat Diabetes Paling Mujarab

By | July 20, 2016

Makan memang menjadi aspek yang sangat menunjang kehidupan manusia, namun ada kalanya pola makan yang salah justru menyebabkan manusia terjangkit beragam jenis penyakit, salah satu bentuknya adalah dengan kenaikan gula darah. Ternyata tak hanya karena konsumsi makanan yang manis saja. Gula darah yang tinggi juga bisa terjadi akibat kurangnya aktivitas fisik seperti olahraga yang menyebabkan timbunan lemak dan kalori yang ada dalam tubuh. hal ini menjadi gejala awal munculnya penyakit diabetes melitus atau yang lebih dikenal sebagai kencing manis. Meski banyak tawaran obat diabetes saat ini, nyatanya banyak juga diantara pasien yang tak cocok.

Patut untuk diketahui bahwa ternyata obat-obat yang beredar di pasaran belum tentu aman untuk dikonsumsi, beberapa diantaranya justru menyebabkan efek samping berbahaya seperti ketergantungan. Pemakaian dalam jangka waktu lama bahkan terus menerus memang efektif turunkan kadar gula dalam darah, namun sementara dan harus dilakukan secara teratur. Saat konsumsi dihentikan sudah pasti kadar gula darah dalam tubuh kembali meningkat. Hal inilah yang wajib untuk diwaspadai.

Tak jarang bahkan diantaranya yang lebih senang menggunakan ramai herbal sebagai obat. Selain karena murah dan mudah ditemukan ia juga menghindarkan penderita dari resiko ketergantungan obat. Lalu, dari sekian banyak bahan-bahan herbal apa sajakah yang efektif digunakan sebagai obat diabetes, simak informasinya berikut ini, yaitu:

  1. Mengkudu, siapa yang tak kenal dengan tanaman yang satu ini, selain kaya akan biji ia juga memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah untuk membantu memperbaiki sel-sel pankreas yang mengalami kerusakan. Bahkan mengkudu juga dipercaya dengan obat yang ampuh dalam membunuh sumber penyakit kanker. Cara penggunaannya juga sangat mudah, Anda bisa mengolahnya dengan ramuan herbal lain atau langsung konsumsi.
  2. Kunyit, satu rimpang kunyit kaya akan manfaat bagi kesehatan, termasuk diantaranya adalah turunkan gula darah Anda. Tak harus dikonsumsi secara langsung, Anda dapat mengolahnya sebagai jamu agar terasa lebih enak. Cukup konsumsi satu gelas perhari setelah makan untuk membantu tubuh turunkan kadar gula darah.
  3. Kulit manggis, tak hanya buahnya saja yang enak dan kaya akan manfaat, melainkan juga kulitnya dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal. Kulit manggis kaya akan kandungan bermanfaat di dalamnya. Cara pengolahan juga sangat mudah cukup dengan merebusnya, rasanya tidak pahit namun sedikit sepat , minum satu gelas perhari.
  4. Mahkota dewa, tanaman yang satu ini bisa dengan mudah Anda jumpai di pasaran dan juga banyak diekstrak sebagai bahan obat untuk penyakit diabetes. Cara konsumsinya sangat mudah. Anda bisa langsung merebusnya dan minum airnya atau dikeringkan terlebih dahulu untuk dapatkan khasiat yang lebih banyak.
  5. Brotowali, brotowali cukup populer di kalangan masyarakat sebagai tanaman dengan khasiat obat, salah satunya adalah ampuh untuk atasi masalah diabetes melitus, hanya saja dalam prosesnya diperlukan tambahan akar pepaya untuk dapatkan manfaat menurunkan gula darah.
  6. Kumis kucing, sejenis tumbuhan hias, namun juga tawarkan manfaat untuk atasi masalah diabetes. Umumnya tanaman ini bisa dengan mudah Anda jumpai di pekarangan karena bisa tumbuh sendiri.

Bebas dari kencing manis selain dengan konsumsi obat diabetes tersebut juga harus diimbangi dengan perubahan pola makan dan juga aktivitas fisik lebih sering untuk turunkan berat badan. Namun bagi Anda yang enggan repot dengan membuat obat sendiri banyak tersedia di pasaran dengan harga cukup bervariasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *