6 Kebiasaan yang Harus Diubah untuk Hindari Penyakit Jantung

By | February 6, 2018

Penyakit jantung adalah masalah kesehatan yang tidak bisa disepelekan, karena dibandingkan dengan penyakit yang lainnya, maka kondisi yang menyerang jantung bisa jauh lebih cepat merenggut nyawa seseorang, contohnya saja adalah serangan jantung atau jantung coroner yang dalam hitungan menit bisa menyebabkan kehilangan nyawa. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa sebenarnya dirinya memiliki resiko yang sangat tinggi terjangkit masalah kesehatan yang satu ini.

Mengingat penyakit tersebut memang tidak pandang bulu, bukan hanya menyerang orang-orang tua saja, melainkan juga orang-orang muda, kurus maupun gemuk. Sering kali banyak yang mengidentikkan penyakit ini sebagai pembunuh paling mematikan. Karena hanya dalam sekejap jika jantung bermasalah dan tidak tertolong maka bisa menyebabkan kematian. Untuk itu wajib melakukan pencegahan sedini mungkin.

Berikut ini ada beberapa cara untuk menghindari penyakit jantung atau membuat jantung tetap sehat, diantaranya adalah:

  1. Olahraga secara teratur, tidak harus lama, cukup dengan 4 jam setiap satu minggu, dengan pembagian satu jam untuk satu harinya atau lebih di sela-sela waktu santai, misalnya adalah weekend. Olahraga ini bisa meningkatkan kemampuan jantung untuk memompa darah. Membakar kalori dan juga kolesterol yang mungkin menumpuk dalam pembuluh darah, penyebab jantung bermasalah.
  2. Hindari stress, orang-orang dengan tingkat stress yang tinggi adalah mereka yang paling sering mengalami masalah pada jantung. Karena ketika memikirkan hal-hal yang serius maka mau tidak mau jantung akan berdenyut dua kali lebih cepat dibandingkan dengan biasanya, mudah kaget hingga memicu kebocoran atau kerusakan pada dinding-dindingnya.
  3. Perbaiki pola makan, faktor utama yang bisa menyebabkan masalah jantung memang tidak jauh-jauh dari makanan, apa yang Anda makan itulah yang nantinya akan dituai atau dirasakan di kemudian hari, contohnya adalah terlalu banyak kolesterol jahat yang masuk, inilah sumber penyumbat aliran darah sehingga memaksa jantung bekerja lebih keras, resiko kerusakan juga jadi semakin tinggi.
  4. Batasi konsumsi alkohol, bukan tidak boleh sama sekali, namun ada baiknya jumlah yang Anda konsumsi harus dibatasi, karena senyawa racun dalam minuman ini sangatlah banyak dan bisa menjadi penyebab kerusakan organ jantung tersebut.
  5. Selalu mengecek darah, gejala penyakit ini bisa dilihat dari kesehatan darah, ketika jumlah kolesterolnya terlalu tinggi, tekanan darah juga tinggi, gula naik potensi mengalami masalah jantung juga semakin tinggi. Dengan mengetahui hal ini maka sebisa mungkin nantinya Anda harus melakukan olahraga dan perubahan pola hidup agar kembali sehat.
  6. Hindari rokok, bukan hanya alkohol, zat-zat dalam rokok sebagian besar diantaranya juga adalah racun yang bisa memicu masalah jantung, jadi mulai membiasakan diri untuk meninggalkannya.

Penyakit jantung sendiri juga bisa dideteksi dari hal-hal sederhana, seperti keringat dingin dan rasa sakit di dada setiap malamnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *