7 Gejala Awal Penyakit Kanker Mulut yang Harus Diwaspadai

By | February 9, 2018

Selain penyakit jantung dan juga diabetes, maka kanker juga masuk dalam urutan penyakit paling mematikan di dunia yang wajib untuk dicegah. Masalah kesehatan yang satu ini memang bukan hal yang baru lagi. Di dunia medis jika melihat catatan kematian yang disebabkan oleh penyakit kanker ini semakin lama semakin meningkat. Mulai dari kanker hati, kanker paru-paru, kanker perut, kanker rahim hingga kanker mulut. Mungkin agak masih asing bagi Anda mengenai jenis kanker yang menyerang mulut ini, namun memang benar-benar ada dan resiko untuk terkena penyakit tersebut sangatlah tinggi.

Kanker mulut ini adalah suatu kondisi dimana virus penyebab kanker memang menginfeksi bagian mulut penderita. Biasanya disertai dengan perubahan bentuk mulut dan juga rasa sakit, resikonya tak kalah tinggi dibandingkan dengan kanker yang lainnya. Penyakit yang satu ini biasanya adalah komplikasi, kondisi yang dialami oleh penderita HIV. Serangan virus HIV ini bisa memicu terjadinya penurunan imunitas sehingga memudahkan tubuh untuk terjangkit penyakit, satu diantaranya adalah penyakit kanker yang menyerang mulut. Kebiasaan lain pemicu dari kanker ini adalah mengunyah tembakau, karena toksin yang berasal dari bahan tersebut akan sangat sulit dihilangkan dari mulut.

Banyak masyarakat yang menyepelekan gejala awalnya karena hanya menduga sebagai penyakit mulut biasa. Berikut ini ada beberapa gejala penyakit kanker ini yang wajib untuk diwaspadai, diantaranya adalah:

  1. Iritasi pada bagian gusi, ada banyak hal yang menjadi penyebab munculnya iritasi ini, diantaranya adalah sikat gigi yang salah dan juga infeksi dari virus, gusi akan terus berwarna merah, biasanya kondisinya akan sembuh, namun kemudian muncul atau kambuh lagi sesaat setelahnya.
  2. Sariawan yang tidak kunjung sembuh, beberapa orang juga menganggapnya sepele, karena pada dasarnya sariawan memang beresiko menjangkiti siapa saja karena kekurangan vitamin C atau salah konsumsi makanan. Hanya saja sariawan yang tidak kunjung sembuh, bahkan 2 minggu setelahnya bukanlah hal yang sepele. Karena bisa jadi gejala awal penyakit ini.
  3. Dinding mulut menjadi bengkak, ada penebalan yang terjadi pada dinding-dinding mulut, sehingga jika dilihat pada bagian pipi akan menjadi tambahan besar, ini mengindikasikan infeksinya sudah sangat berbahaya.
  4. Mulut kaku, bahkan hal ini menyebabkan rahang menjadi sangat sulit untuk digerakkan, jangankan untuk makan, bahkan untuk berbicara juga sangat sulit.
  5. Gigi yang goyang hingga beberapa diantaranya terlepas.
  6. Rasa nyeri pada bagian lidah dan sulit untuk digerakkan.
  7. Mulai kehilangan indera perasa, hal ini membuat penderitanya mengalami penurunan nafsu makan.

Jika 7 hal tersebut terjadi maka patut diwaspadai karena bisa jadi merupakan gejala penyakit kanker mulut, segera periksakan ke dokter.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *