7 Jenis Tanaman Obat yang Mudah Dijumpai di Sekitar Anda dan Kaya Akan Khasiat

By | September 27, 2018

Pengobatan alternatif dengan menggunakan bahan-bahan alami nyatanya lebih banyak dipilih oleh masyarakat dibandingkan dengan jenis pengobatan medis, bukan tanpa alasan, selain karena harganya jauh lebih murah, maka jenis pengobatan semacam ini juga lebih minim resiko efek samping jangka panjangnya, tidak akan menyebabkan ketergantungan pada tubuh. Diantaranya Anda bahkan bisa menggunakan beberapa jenis tanaman obat yang ada di pekarangan.

7 Jenis Tanaman Obat yang Mudah Dijumpai di Sekitar Anda dan Kaya Akan Khasiat2

Berikut ini diantaranya beberapa jenis tanaman obat yang bisa dengan mudah dijumpai di sekitar Anda beserta manfaatnya, yaitu:

  1. Belimbing wulung, belimbing wuluh lebih dikenal sebagai buah untuk membuat beberapa macam hidangan, namun ternyata memiliki khasiat yang sangat banyak untuk kesehatan tubuh, diantaranya adalah mampu mengatasi penyakit gondong, kemudian juga mengobati gusi berdarah, sariawan hingga penyakit rematik jika diramu dengan benar bersama dengan beberapa bahan lainnya.
  2. Temu lawak, ciri khas dari rimpang yang satu ini adalah memiliki rasa pahit, selain efektif digunakan untuk meningkatkan nafsu makan, juga bagus untuk mengatasi beberapa gangguan tubuh, seperti diantaranya adalah masalah pencernaan, ginjal, jantung hingga menjaga kesehatan hati.
  3. Lidah buaya, selain dikenal sebagai tanaman untuk kecantikan, nyatanya aloe vera juga kaya akan manfaat untuk kesehatan. Misalnya adalah digunakan dalam pengobatan penyakit diabetes melitus, mengatasi radang tenggorokan hingga sembelit.
  4. Kumis kucing, ini adalah tanaman hias yang memiliki bunga dengan bentuk unik, yaitu mirip seperti kumis kucing, tanaman tersebut memiliki manfaat dalam menurunkan kadar gula darah, sehingga bagus bagi penderita diabetes melitus. Bahkan juga mereka yang menderita hipertensi hingga rematik bisa menggunakannya untuk pengobatan.
  5. Daun belungtas, beberapa orang menggunakan tanaman ini sebagai sayuran untuk dimakan, selain memiliki rasa yang khas ternyata khasiat yang ada di dalam tanaman ini juga begitu banyak, seperti diantaranya adalah dapat mengatasi keputihan, rematik, perut kembung dan yang lainnya.
  6. Alpukat, dikenal enak dan juga kaya akan manfaat untuk kecantikan, bahkan juga kesehatan, nyatanya memang buah yang satu ini efektif dalam menurunkan kolesterol yang ada di dalam tubuh, menjaga kesehatan jantung hingga mencegah penyakit berbahaya seperti diantaranya adalah kanker.
  7. Brotowali, daun brotowali ini banyak diaplikasikan dalam pembuatan obat-obat herbal yang dijual di pasaran, karena khasiatnya mampu untuk mengobati beberapa jenis penyakit berbahaya, seperti diantaranya adalah diabetes melitus, malaria hingga penyakit kudis.

Baca juga: Mengulas Manfaat Jahe untuk Kesehatan Mulai dari Atasi Masalah Pencernaan Hingga Cegah Penyakit Kanker

Tentunya berobat dengan mengandalkan tanaman obat di atas hasilnya juga tak akan secepat obat yang ditawarkan oleh medis, harus dilakukan secara teratur dan juga diimbangi dengan beberapa pantangan. Akan jauh lebih efektif jika seandainya Anda menggunakan pengobatan medis yang diimbangi dengan pengobatan herbal di atas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *