8 Bahan Murah Yang Bisa Dijadikan Obat Diabetes

By | July 8, 2018

Diabetes atau sering disebut sebagai kencing manis adalah penyakit jangka panjang yang ditandai dengan tingginya kadar gula darah dalam tubuh. Diabetes sendiri terbagi menjadi 2 tipe yakni tipe 1 dan tipe 2. Ada berbagai macam cara yang bisa digunakan untuk mengobati penyakit diabetes, salah satunya adalah dengan memanfaatkan bahan alami sebagai obat diabetes.

8 Bahan Murah Yang Bisa Dijadikan Obat Diabetes

Kenapa bahan alami ? Tentu saja karena murah dan mudah untuk mencarinya selain itu bahan alami juga dipercaya tidak memberikan efek samping selama pemakaian obat diabetes masih digunakan dalam batas yang masih wajar.

Berikut bahan-bahan murah yang bisa dijadikan obat diabetes alami :

  • Kunyit

Selain digunakan sebagai bahan masakan ataupun minuman rempah-rempah yang satu ini juga bisa digunakan untuk mengatasi penyakit diabetes hal ini dikarenakan kunyit mengandung zat antiglikemik yang mana zat ini diperlukan untuk membantu mempertahankan fungsi pankreas dalam memproduksi insulin.

  • Lidah Buaya

Tak bisa dipungkiri bahwa lidah buaya mengandung banyak manfaat untuk tubuh, selain untuk merawat rambut ternyata bahan murah ini dipercaya dapat menurunkan lemak darah pada pasien penderita diabetes tipe 2.

  • Daun sirsak

Banyak yang belum tahu bahwa selain buahnya tanaman ini juga memiliki daun yang bermanfaat sebagai obat diabetes karena daun sirsak mengandung vitamin A,B,kalium,dan serat yang berfungsi untuk memperbaiki kinerja pankreas dalam memproduksi insulin.

  • Kemangi

Kemangi mengandung zat yang bisa memperlancar kerja insulin untuk mengkonversi glukosa menjadi energi sehingga kadar gula dalam darah akan menjadi normal.

  • Daun salam

Siapa yang mengira bahwa penyedap masakan alami ini juga bisa dijadikan sebagai obat diabetes hal ini karena daun salam mengandung banyak zat yang mampu menurunkan kadar gula dalam darah dan memperlancar peredaran darah.

  • Jahe

Rempah rempah memang terkenal memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah jahe yang mengandung senyawa gingerol. Senyawa ini sendiri merupakan senyawa yang paling aktif untuk meningkatkan proses penyerapan glukosa.

  • Pare

Buah yang terkenal dengan rasa pahitnya ini ternyata juga memiliki manfaat sebagai obat diabetes ini tidak terlepas dari kandungan zat-zat yang terdapat dalam pare. Setidaknya terdapat 3 zat yang berfungsi sebagai anti diabetes.

  • Daun mangga

Bahan murah dan alami yang terakhir yakni daun mangga, dipercaya sebagai bahan yang efektif untuk menyembuhkan diabetes melitus karena kandungan senyawa yang terdapat didalamnya mampu untuk menormalkan produksi insulin di dalam tubuh. Cara pengolahannya pun cukup mudah yakni dengan cara merebus air dari rendaman daun mangga -/+12 jam.

Baca juga: Pahami Gejala Dan Penyebab Dari Penyakit Asam Urat

Itu tadi 8 bahan murah alami yang bisa digunakan sebagai alternatif obat diabetes, selamat mencoba dan jangan lupa untuk mengimbanginya dengan merubah pola hidup serta pola makan menjadi lebih sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *