Ada Bintik Merah pada Kulit Disertai Gatal? Bisa jadi Ruam Cacar Air! Ini Penyebabnya

By | October 29, 2018

Anda menemukan bintik merah pada kulit disertai gatal? Berhati-hatilah karena bisa jadi ruam timbul di kulit Anda. Kondisi kulit meradang dan berubah warna disebut sebagai ruam. Ruam kulit dapat timbul dengan gejala bintik merah, benjol, gatal-gatal, mengelupas, iritasi, ataupun bersisik.  Ruam biasanya muncul pada anak bayi atau yang biasa disebut ruam popok. Salah satu penyebab ruam kulit adalah reaksi dari berbagai macam penyakit, seperti cacar air. Ruam yang muncul karena cacar air mengakibatkan efek gatal pada kulit.

Penyakit cacar air merupakan infeksi pada kulit. Cacar air atau varisela disebabkan oleh virus varisela zoster. Penyakit ini umumnya diderita oleh anak-anak berusia di bawah 10 tahun, namun orang dewasa pun bisa saja terkena penyakit ini. Cacar air ditandai dengan timbulnya ruam dan lepuhan pada kulit. Ruam dan lepuhan tersebut  biasanya muncul pada bagian  wajah, kulit kepala, belakang telinga, kaki, lengan, perut, dan dada. Ruam tersebut akan berubah menjadi bintil merah berisi cairan yang akan mengering dan terkelupas.

Penyakit ini sering disertai demam dan rasa gatal pada ruam. Rasa gatal yang tidak nyaman menyebabkan gangguan tidur, kecemasan, serta depresi. Rasa gatal pada kulit biasanya muncul disertai ruam.

Penyebab cacar air di antaranya adalah

  • Virus Varisella Zoster

Varicella-zoster virus - microbewiki

Virus varisela zoster adalah virus utama penyebab cacar air. Virus ini bisa muncul karena. Penyebaran virus ini terjadi melalui kontak fisik. Selain menjadi penyebab cacar air, virus varisella zoster dapat menyebabkan herpes zoster. Gejala pada anak-anak munculnya virus ini timbul dalam waktu 10-21 hari setelah terinfeksi. Gejala yang ditimbulkan dapat berupa demam, pilek, lesu, dan lain sebagainya.

 

  • Tertular penderita cacar air lainnya

Reading Weekend! Sick Day Blues – The Coffee Life

Penyebab lain seseorang terkena ruam cacar air adalah karena tertular dengan penderita cacar air lainnya. Penularan penyakit ini dapat melalui kontak fisik ataupun satu ruangan dengan penderita selama lebih dari 15 menit. Namun biasanya, orang dewasa yang sudah terkena cacar air sebelumnya, tidak mudah bahkan tidak akan tertular lagi. Oleh karena itu, jika Anda terkena cacar air, hindarilah kontak fisik dengan orang lain sampai peradangan ruamnya mengering.

 

  • Belum menerima vaksin cacar air

Vaccine Mechanism of Harm Exposed in Gardasil Vaccine

Sejak ibu hamil, telah disarankan untuk vaksin cacar air bukan? Begitu juga ketika anak lahir. Segeralah beri anak Anda vaksin cacar air di puskesmas atau rumah sakit terdekat.

 

  • Kekebalan tubuh yang lemah

Antibody- Structure, Classes and Functions

Kekebalan tubuh yang  lemah dapat menjadi penyebab munculnya ruam cacar air. Orang yang memiliki kekebalan tubuh yang lemah biasanya sedang dalam menderita penyakit tertentu atau sedang menjalankan kemoterapi.

Bintik merah pada kulit disertai gatal pada cacar air dapat diredakan dengan beberapa cara. Pertama, untuk meredakan demam dan gejala cacar air, Anda dapat menggunakan paracetamol. Sedangkan untuk mengurangi rasa gatal pada ruam, gunakanlah bedak calamine atau kompres dengan kain yang dibasahi air dingin. Hidarilah menggaruk pada area gatal ruam kulit, lebih baik mengusapnya dengan perlahan agar tidak terjadi iritasi yang semakin memperparah kondisi kulit.

Selain itu, untuk menghindari kondisi kulit atau gatal semakin parah, Anda juga harus menjaga kebersihan tubuh Anda. Seperti mandi dengan air yang tidak terlalu panas atau dingin dan membatasi waktu mandi menjadi kurang dari 20 menit.  Gunakan sabun berbahan ringan dan gunakan sprei serta sarung bantal berbahan  halus. Selamat mencoba!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *