Keracunan makanan dan kondisi air yang tidak bersih bisa menyebabkan diare pada anak. Diare sendiri disebabkan oleh virus, rotavirus. Umunya, orang yang terkena diare akan mengalami BAB yang encer lebih dari 3 kali sehari. Orang tua harus segera melakukan perawatan pada anak yang terkena diare menggunakan obat diare karena jika tidak segera ditangani, anak akan kehilangan lebih banyak cairan yang menyebabkan pusing demam, muntah, dan sebagainya.

Selain obat diare untuk anak yang telah dikonsultasikan melalui dokter, anak juga harus diberikan waktu untuk istirahat yang cukup. Selain obat dari dokter, obat diare alami dari bahan alami juga bisa digunakan untuk menyembuhkan diare pada anak. Berikut daftar obat diare alami yang bisa digunakan :

Ampuh Atasi Diare, Inilah 7 Obat Diare Anak dari Bahan Alami

  1. Jahe

obat diare 1

Selain dipercaya bisa menghangatkan tubuh setelah mengonsumsinya, jahe juga bisa mengobati diare pada anak. Jahe sendiri mempunyai manfaat sebagai antibakteri dan anti radang yang bisa membuat keadaan pencernaan menjadi lebih baik. Untuk mengonsumsinya, orang tua cukup memasukkan irisan jahe pada air hangat atau teh hangat. Selain cara itu, orang tua juga bisa memarut jahe dan memasukkan 1 sdt jahe parut, 1 sdt madu, sedikit bubuk jintan, dan bubuk kayu manis. Agar keadaan anak bisa lekas membaik, orang tua bisa memberikan minuman tersebut 3 kali sehari.

  1. Wortel

Wortel memang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Selain untuk mata, wortel juga bisa membuat tekstur feses menjadi lebih padat sehingga diare anak akan lekas sembuh. Orangtua bisa mengolah wortel menjadi bentuk jus atau bentuk bubur, dan berikan kepada anak sedikit, tetapi sering karena bisa jadi nafsu makan anak tidak sebaik biasanya.

  1. Teh Chamomile

obat diare 2

Teh chamomile tidak hanya dikenal membantu orang yang kesusahan tidur, teh ini juga bisa mengobati diare pada anak karena sifat anti radang dan anti diare pada teh ini.

  1. Daun Jambu Biji

Tak hanya bisa meningkatkan kadar trombosit darah, daun jambu biji juga bisa menyembuhkan diare anak. Untuk membuatnya, orang tua bisa menumbuh 5-6 daun muda jambu biji sampai halus dan ambil sarinya. Setelah mendapatkan sarinya, tambahkan sedikit garam di dalamnya. Agar diare anak cepat membaik, sebaiknya berikan sari daun jambu biji 3 kali sehari.

  1. Oralit

obat diare 3

Bahan yang paling mudah digunakan untuk mengobati diare anak adalah oralit. Oralit bermanfaat untuk mengembalikan cairan elektrolit tubuh dan mencegah dehidrasi selama diare. Untuk membuatnya, orang tua cukup menyiapkan 100cc air hangat dan tambahkan 1 sdt garam dan gula di dalamnya. Aduk sampai tercampur merata dan berikan kepada anak. Orang tua bisa memberikan oralit sebanyak 100 cc setiap 4-6 jam sekali.

  1. Pisang

Obat diare anak selanjutnya yang mudah didapat adalah pisang. Selain mudah dicari, harga pisang juga relatif murah. Buah pisang mengandung potassium dan pektin yang bekerja membuat feses menjadi lebih padat. Selain itu, pisang juga bermanfaat mengembalikan cairan elektrolit yang hilang selama diare.

  1. Roti Gandum

Gandum memang mempunyai kandungan serat yang rendah sehingga akan membantu memadatkan feses. Orang tua bisa memberikan roti gandum beserta pasta untuk membantu mengatasi keadaan diare pada anak. Selain roti gandum, orang tua juga bisa memberikan nasi karena kandungan seratnya yang rendah juga. Namun demikian, pemberian diet rendah serat bisa dihentikan jika kondisi diare sudah membaik.

So, orang tua tidak perlu terlalu khawatir mengatasi diare anak ya. Yang terpenting, orang tua harus siap dan selalu memperhatikan kondisi perkembangan diare anak.