Aneka Makanan Penguat Janin Di Awal Kehamilan

By | November 21, 2018

Saat sedang hamil di awal trisemester pertama, biasanya Ibu hamil muda akan merasakan berbagai masalah. Pada umumnya, wanita hamil muda akan merasakan mual, sering pusing, hingga kandungannya lemah. Nah, apakah Anda juga merasakan itu semua? Ya, beberapa hal tersebut memang sangat sering terjadi pada wanita yang hamil muda. Namun, jika Anda membiarkan itu semua, hal tersebut dapat mengganggu kesehatan janin dan bahkan bisa semakin membuat janin lemah. Oleh sebab itu, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk membuat janin menjadi kuat. Nah, salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan penguat janin di awal kehamilan. Lalu, apa saja jenis makanan yang dapat menguatkan janin?

Jenis Makanan Penguat Janin Di Awal Kehamilan

Biasanya, ada beberapa wanita yang memilih untuk mengonsumsi obat dalam rangka menguatkan janin yang dikandung. Namun, mengonsumsi obat penguat janin sebaiknya dihindari karena proses menguatkan janin dalam kendungan sebenarnya dapat dilakukan secara alami, yaitu dengan mengonsumsi makanan awal kehamilan yang berkhasiat untuk menguatkan janin. Nah, berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang dapat menguatkan janin dalam kandungan:

  1. Kacang hijau

Kaang hijau merupakan salah satu makanan yang mengandung zat besi cukup tinggi. Nah, zat besi ini ternyata sangat baik untuk penguat janin dan menjaga janin agar tumbuh sehat selama masa kehamilan.

  1. Telur

Telur merupakan sumber protein yang sangat tinggi. Mengonsumsi telur rebus bisa menjadi salah satu alternatif untuk menjaga kesehatan janin karena telur mengandung banyak nutrisi penting bagi kesehatan tubuh. Salah satu kandungan terpenting dalam telur adalah omega 3.

  1. Brokoli

Brokoli adalah salah satu jenis sayuran dengan kandungan asam folat yang cukup tinggi. Makanan dengan kandungan asam folat untuk Ibu hamil memang sangat penting. Hal ini karena asam folat mampu memberikan banyak sekali manfaat bagi Ibu dan janin yang di kandungnya. Beberapa di antaranya adalah dapat mengurangi risiko terjadinya kelahiran bayi prematur atau bayi lahir dengan berat badan yang rendah.

  1. Kacang kedelai

Selain mengandung protein dengan kadar yang cukup tinggi, kacang kedelai juga mengandung zat penting lainnya yang bermanfaat untuk tubuh seperti zat isoflavon, saponin, dan asam phytic.

  1. Yogurt

Yogurt memang telah lama dikenal sebagai makanan penguat kandungan. Hal ini karena yogurt mengandung protein dan kalsium yang sangat baik untuk mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan.

  1. Susu

Saat ini, ada banyak sekali produk susu yang bisa dikonsumsi oleh wanita hamil. Wanita hamil memang sangat disarankan untuk mengonsumsi susu karena susu mengandung protein yang sangat tinggi di mana protein ini sangat mampu menguatkan janin di dalam rahimnya.

  1. Ikan salmon

Jenis ikan laut yang satu ini memang sangat baik jika dikonsumsi oleh ibu hamil. Hal ini karena ikan salmon banyak mengandung protein dan asam folat. Manfaat asam folat untuk ibu hamil memang sangat banyak. Selain dapat membantu perkembangan janin sehingga mengurangi risiko kelahiran bayi prematur, asam folat juga bermanfaat untuk meningkatkan perkembangan dan kecerdasan otak janin.

Itulah beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk menguatkan janin. Selain 7 makanan yang telah disebutkan di atas, masih ada banyak jenis makanan lainnya yang tidak kalah baiknya untuk menjaga kesehatan janin. Beberapa makanan penguat janin di awal kehamilan antara lain daging unggas, seafood, sereal yang kaya asam folat, bayam, kubis, asparagus, lobak hijau, buah jeruk, pepaya, tomat, pisang, gandum, jagung, kacang merah, dan masih banyak lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *