Apa Saja Penyebab Penyakit Lupus? Simak Ulasannya Berikut Ini!

By | February 20, 2018

Pernahkah Anda mendengar penyakit autoimun? Kalau tidak pernah mendengarnya, lantas bagaimana dengan istilah penyakit lupus? Ya, autoimun disebut juga dengan lupus yang termasuk ke dalam jenis penyakit yang disebabkan oleh sistem kekebalan di dalam tubuh yang berlebihan. Sehingga obat-obatan yang sifatnya baik bagi tubuh atau bahkan makanan dan minuman bisa dianggap oleh antibodi tubuh sebagai zat asing yang berbahaya. Alhasil banyak sel yang ikut terserang oleh sel tubuh sendiri, sehingga melemahkan kondisi penderitanya.

Penyakit satu ini memang tidak bisa disembuhkan, namun penderitanya tetap bisa menikmati hidup yang nyaman. Sebagaimana penderita diabetes asalkan bisa mengontrol pola makan dengan baik maka akan mampu beraktivitas selayaknya orang sehat lainnya. lupus pun begitu, asalkan Anda tidak terpapar sinar matahari secara langsung dan rutin mengkonsumsi obat-obatan yang diresepkan dokter. Dijamin tetap bisa berkarya dan berprestasi meskipun harus rutin minum obat serta memperhatikan gaya hidup dengan seksama. Namun bukankah orang sehat tanpa penyakit pun melakukan hal serupa?

Apa Saja Penyebab Penyakit Autoimun?

Nah, ketika dokter menyatakan Anda menderita penyakit lupus baiknya tidak langsung putus harapan. Sementara itu untuk penyebabnya sendiri bisa karena beberapa faktor, seperti:

  • Faktor genetik,

Proses mutasi genetik bisa meninggalkan masalah yang membuat salah satu DNA maupun RNA abnormal. Beberapa menderita penyakit jenis lupus ini sehingga tidak perlu menyalahkan siapa-siapa sebab proses genetik memang masih menjadi rahasia besar dalam dunia kesehatan. Ketika memang sudah menderita penyakit ini cobalah untuk menata gaya hidup supaya bisa beraktivitas dengan normal. Usahakan untuk tetap aktif bergerak sebab melawan penyakit menjadi cara sukses untuk sembuh secara alami.

  • Faktor obat-obatan,

Penyebab lain dari kehadiran penyakit bernama lupus atau autoimun ini adalah proses konsumsi obat-obatan dalam jangka panjang. Misalnya saja konsumsi antibiotik yang memang seringnya orang yang terbiasa mengalami masalah kesehatan ringan langsung meminumnya. Padahal konsumsi antibiotik ini dosisnya harus benar-benar ditakar dan tidak baik jika terlalu sering. Efeknya antibiotik semakin lama semakin hilang kinerjanya, dan berubah menjadi penyebab alergi dan lupus. Selain antibiotik juga dari obat untuk tekanan darah, kejang-kejang, dan lain sebagainya.

  • Faktor lingkungan,

Selain faktor genetik sepertinya penyakit jenis lupus ini juga disebabkan oleh faktor lingkungan, sehingga perlu memilih lingkungan yang sehat. Kemudian fakta menarik lain yang ditemukan adalah seringnya orang menderita lupus ketika sering terpapar oleh sinar matahari. Hal ini terjadi karena paparan sinar matahari langsung bisa membuat proses terbentuknya lesi pada kulit. Lesi ini adalah proses pembentukan jaringan abnormal pada kulit yang memicu terjadinya penyakit lupus, maka perlu diwaspadai. Terlebih oleh Anda yang tinggal di perkotaan dengan polusi yang tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *