Bagaimana Caranya Memilih Produk Herbal Yang Berkualitas?

By | February 28, 2017

Berkembangnya dunia pengobatan baik untuk kesehatan dan kecantikan tidak hanya di dunia pengobatan medis saja, namun berkembang juga di wilayah pengobatan alternatif atau herbal. Saat ini banyak beredar beragam produk herbal di pasaran.

Obat herbal sudah dikenal sejak dulu karena khasiatnya mengobati berbagai jenis penyakit dan menjaga kesehatan kulit serta stamina tubuh. Keunggulan obat produk herbal adalah bahan-bahan yang digunakan terbuat dari bahan alami tanpa bahan kimia sedikitpun.

Saat ini masyarakat bisa dengan mudah mendapatkan obat herbal baik di toko obat konvensional maupun penawaran  di internet. Namun sayangnya, semakin banyaknya orang yang memilih menggunakan obat herbal diikuti pula dengan banyaknya produk herbal palsu di pasaran.

Orang-orang yang menjual herbal palsu hanya menginginkan keuntungan saja tanpa memperhatikan dampak dan efek dari obat palsu tersebut. Tidak heran akibat dampak merugikan pada konsumen, membuat pemerintah melakukan sidak berbagai produk herbal baik produk kesehatan maupun kecantikan yang dijual di pasaran.

Itu sebabnya jika Anda akan membeli obat herbal harus pandai dan teliti sebelum membeli. Herbal yang asli maupun yang palsu bisa diketahui dengan memperhatikan ciri-ciri khusus. Nah, berikut ini cara memilih produk herbal asli agar terhindar kasus penipuan.

Produk Bebas Dari Bahan Sintesis

Apabila obat herbal yang akan Anda beli bentuknya kapsul, pastikan bahan yang digunakan terbebas dari bahan sintesis, seperti: zat pewarna, pemanis buatan, minyak non hewani, non nabati dan zat kimia lainnya.

Memiliki Label Izin BPOM

Obat herbal yang asli dan berkualitas memiliki jaminan keamanan yang dikeluarkan oleh BPOM. Biasanya obat herbal yang sudah memiliki izin BPOM dijual di apotek. Jika obat herbal yang Anda akan beli belum tersedia di apotek bisa jadi belum mendapatkan izin.

Kemasannya Baik Dan Aman Saat Digunakan

Pastikan herbal yang Anda beli memiliki kemasan yang baik, tertutup rapat dan masih utuh. Produk yang kemasannya masih terjaga dengan baik bisa menjadi tanda produk tersebut belum tersentuh tangan atau diotak-atik.

Sesuai Dengan Jenis Penyakit

Tujuan membeli herbal biasanya untuk mengobati suatu penyakit atau untuk memperbaiki kondisi tubuh. oleh sebab itu sebelum Anda membeli obat herbal pastikan apa tujuannya dan kenali terlebih dulu jenis penyakit yang diderita. Ini adalah hal penting. Memilih obat yang tepat bisa mempermudah Anda memutuskan obat yang akan dibeli tanpa khawatir terkena tipu.

Periksa Masa Kadaluarsa

Mengecek tanggal berlaku atau kadaluarsa harus Anda lakukan. Apabila tidak tercantum tanggalnya sebaiknya tunda membeli produk tersebut. Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar terhindar dari penipuan membeli. Selain itu biasakan membeli produk herbal yang sudah terdaftar dan beli ditempat yang terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *