Bagaimana Mengenali Kanker Payudara Sejak Dini? Simak Ulasannya Berikut!

By | December 12, 2017

Anda tentu kenal betul dengan penyakit bernama kanker payudara, kanker jenis ini memang menyerang payudara dan kerap dialami oleh perempuan. Meskipun ditemukan pula kasus kanker jenis ini diderita oleh kaum pria meski presetasenya sedikit atau kecil. Ada baiknya memahami bagaimana mengetahui adanya kanker ini atau tidak lewat pemeriksaan sendiri. Sebab sebagai jenis kanker ternyata sangat memungkinkan untuk sembuh total, terlebih jika pengobatan dilakukan sejak dini. Maka penting untuk mengetahui gejala penyakit ini supaya pengobatan yang dilakukan lebih efektif.

Ciri Utama Adanya Kanker Pada Payudara

Supaya lebih mudah melakukan pengobatan sejak dini maka kenali gejala atau ciri awal penyakit ini menyerang tubuh. Deteksinya akan lebih mudah karena ciri-cirinya sangat mudah dikenali, berikut beberapa diantaranya:

  • Terdapat benjolan di payudara,

Ciri pertama kanker di payudara adalah adanya benjolan lumayan keras yang tumbuh di payudara tersebut. Usahakan setelah menemukan benjolan langsung memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan. Sebab benjolan ini tidak selalu mengarah ke kanker, bisa ke penyakit kista maupun gangguan kesehatan lainnya pada payudara.

  • Mengalami pembengkakan di payudara atau sekitarnya,

Ciri lain yang juga menunjukan adanya perkembangan sel kanker payudara adalah terjadinya pembengkakan. Pembengkakan ini bisa terjadi di payudara maupun area sekitarnya, misal di area ketiak. Nah, pembengkakan ini bisa menunjukan bahwa sel kanker berkembang sangat agresif dan sudah menyerang kelenjar getah bening. Pada beberapa kasus penderita kanker satu ini mengungkapkan menemukan pembengkakan tanpa adanya benjolan. Maka setelah menemukan ada area yang membengkak di payudara dan sekitarnya usahakan langsung memeriksakan diri ke dokter.

  • Merasakan panas dan gatal pada payudara,

Kanker yang menyerang payudara juga kerap menimbulkan rasa panas maupun gatal terutama di area puting. Kalau merasakan gejala atau kondisi ini maka baiknya segera dibawa ke dokter untuk menjalani pemeriksaan. Kemungkinan awalnya dokter akan memberikan salep ataupun antibiotik karena bisa jadi mengalami mastitis. Namun jika tidak memberi perubahan maka besar kemungkinan mengalami gejala awal kanker pada payudara. Segera kunjungi dokter kembali untuk melakukan pemeriksaan lebih detail, sebab panas dan gatal ini kerap terjadi karena sel kanker telah berkembang.

  • Kulit payudara terasa menebal dan kemerahan,

Mastitis merupakan infeksi yang terjadi pada payudara dan kerap dialami oleh ibu yang aktif menyusui bayinya. Kalau payudara terasa panas dan gatal kemudian ada penebalan kulit di area payudara sehingga terasa seperti kulit jeruk. Ditambah lagi ada warna kemerahan di area yang sama maka baiknya segera di periksakan ke dokter. Sebab gejala ini juga mengarah kepada kanker payudara bukan sekedar mastitis, asalkan segera ditangani maka kanker satu ini bisa bersih secara total.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *