Bahan Herbal Pengusir Masuk Angin yang Aman untuk Pengidap Diabetes

By | January 10, 2018

Orang Indonesia kerap kali menyebutkan ketidakenakan badan sebagai masuk angin. Dalam dunia kedokteran sendiri, tidak ada penyakit tersebut dan menurut dr. Mulia, Sp. PD menyebutkan istilah tersebut hanya merupakan sebutan dari kumpulan gejala seperti mual, pegal, kembung atau perut yang terasa penuh, tidak dapat berhenti buang angin, kedinginan, demam ataupun batuk dan flu.

Untuk mengobati masuk angin biasanya dapat menggunakan obat yang dapat dibeli di apotek terdekat. Namun, bagi penderita diabetes, Anda harus cermat memilih obat karena bisa saja obat yang akan dikonsumsi tersebut mengandung kandungan zat yang dapat meningkatkan kadar gula darah. Karena hal tersebut, untuk mengobati meriang, Anda bisa menggunakan obat herbal seperti berikut ini.

Baca juga: Gejala Masuk Angin Pada Anak yang Harus Diwaspadai

Pertama adalah daun mint. Tanaman ini biasanya digunakan untuk memberikan rasa yang lebih segar pada minuman. Ternyata, daun ini dapat dipergunakan untuk menangani masalah pada sistem pencernaan, misalnya perut kembung, diare, kehilangan nafsu makan, namun juga bisa untuk obat sakit kepala, flu, batuk, sakit tenggorokan ataupun demam. Daun mint tersebut akan bekerja melawan infeksi sehingga bisa merangsang aliran empedu dan mencegah pembentukan gas.

Kedua adalah adas. Bahan herbal yang dapat digunakan sebagai penyedap makanan ini dapat membantu untuk mengatasi perut kembung, menangani gas yang ada di usus, batuk, bronkitis ataupun kolik yang terjadi pada bayi. Ketiga adalah jahe. Rempah yang memiliki rasa yang agak pedas ini mampu menangani gangguan pada perut seperti mual, perut kembung, nyeri dan diare.

Keempat adalah royal jelly. Royal jelly merupakan makanan khusus yang telah dipersiapkan lebah pekerja untuk ratu lebah sehingga ratu bisa bertelur, lebih kuat, lebih besar dan hidup lebih lama. Dalam royal jelly terdapat kandungan asam lemak, gula, air, vitamin, asam amino dan garam dan berbeda di setiap daerah ataupun iklim. Royal jelly mampu untuk menyembuhkan luka serta memerangi infeksi dengan pergantian sel kulit yang rusak, menjadi eliksir saat PMS, meningkatkan kekebalan tubuh karena kandungan antibakteri dan anti radang. Karena hal tersebut, Anda bisa memilih jenis obat untuk masuk angin yang mengandung royal jelly. Namun, jika ingin membuat obat sendiri untuk mengobati penyakit tersebut, ada ramuan obat yang bisa Anda buat, yaitu:

  • Siapkan 25 gr temulawak, 15 gr jahe, 20 gr kencur. Rebus semua bahan yang sudah dicuci dan dipotong dengan 500 cc air. Lalu biarkan hingga airnya hanya tersisa 250 cc. Angkat dan saring lalu minum 2x sehari selagi ramuan masih hangat.
  • Menggunakan daun mint. Siapkan 10 gr daun mint, 10 gr kulit jeruk purut, 25 gr temulawak, 5 buah cabai jawa. Rebus semua bahan yang sudah dibersihkan dalam air 600 cc. Biarkan hingga air hanya tersisa 300 cc. Saring dan minum selagi hangat sebanyak 2x sehari.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *