Bahaya! Ini Dampak Radiasi HP bagi Kesehatan

By | October 27, 2018

Pemakaian gadget semakin hari semakin menjadi-jadi. Hampir semua orang dari berbagai kalangan, usia, latar belakang, dan lain-lain memakai gadget, seperti handphone, laptop, dan lain sebagainya. Teknologi yang semakin canggih dapat membantu manusia dalam aktivitas sehari-hari. Hal itu membuat banyak industri teknologi berbondong-bondong menyediakan gadget yang dapat digunakan dengan fitur canggih. Banyak kelebihan, ada juga kekurangan. Penggunaan handphone atau hp yang berlebihan dapat menimbulkan dampak yang tidak baik. Radiasi hp dapat mempengaruhi kesehatan manusia. Handphone memiliki radiasi gelombang radio yang dapat menyebar ke segala arah, termasuk tubuh manusia.

Berbeda dengan radiasi sinar X ataupun rontgen yang jelas berbahaya ketika terpapar terlalu sering dan langsug, radiasi hp memiliki perngaruh yang tidak pasti pada kesehatan tubuh. Namun sudah bisa dipastikan bahwa ada kemungkinan-kemungkinan kesehatan tubuh terganggu karena radiasi yang ditimbulkan dari handphone.

Apa saja dampak radiasi hp? Berikut informasinya.

  • Gangguan Tidur

Penggunaan hp yang terus menerus tanpa henti dapat memicu rasa gelisah pada seseorang. Kegelisahan tersebut dapat berdampak pada gangguan untuk tidur. Hasilnya, seseorang akan mudah terkena penyakit insomnia atau kesulitan tidur. Hal ini tentu dapat membahayangan semua orang baik anak-anak atau pun dewasa. Setiap orang butuh tidur di malam hari untuk beristirahat dan mempersiapkan energi di kemudian hari. Insomnia akibat penggunaan hp yang berlebihan tentu mengganggu jam istirahat dan akan berpotensi pada dampak penyakit yang lain.

  • Mudah Lelah

Go From Tired to Terrific - Health.com

Radiasi yang terpancar dari layar hp akan membuat saraf-saraf kepala dan wajah menjadi tidak rileks dan tegang. Hal ini tentu ditimbulkan dari kebiasaan penggunaan hp yang berlebihan. Aliran darah pada saraf kepala dan wajah akan membuat cairan tubuh berkurang. Hal tersebut membuat tubuh menjadi mudah lelah dan kurang energi. Hal ini akan mengganggu aktivitas sehari-hari.

  • Gangguan Telinga

Inner ear disorders 'linked to hyperactivity ' - BBC News

Anda sering menggunakan hp untuk bertelepon dengan orang lain? Disarankan untuk menggunakan headset/ headphone atau bisa juga menggunakan pengeras suara. Menelepon langsung menggunakan hp yang ditempelkan ditelinga dalam jangka waktu lama akan membuat hp panas dan memberikan efek panas pada telinga. Hal itu dapat mengganggu saraf pendengaran bagian dalam.

Dampak radiasi hp pada telinga dapat mengakibatkan Anda menderita gatal-gatal pada telinga sampai dengna pendengaran yang akan menjadi berkurang. Dampak tersebut disebabkan oleh aliran radiasi hp yang cukup kuat.

  • Gangguan pada ibu hamil

A Southern Boy and A City Girl: Miscellany Monday

Dampak radiasi hp juga dapat dialami ibu hamil. Paparan radiasi hp dapat menembut jaringan pada janin hingga mempengaruhi kenormalan organ tubuh janin yang sedang terbentuk. Hal tersebut dapat terjadi akibat penggunaan hp yang berlebihan dan pemakaian hp yang terlalu dekat dengan perut ibu hamil dan janinnya.

Jika sel-sel tubuh janin terus menerus mengalami kerusakan akibat radiasi, ibu hamil dapat mengalami keguguran. Oleh karena itu, ibu hamil dianjurkan tidak terlalu sering menggunakan hp dan berhati-hati.

  • Risiko Kanker

Cancer: What you need to know

Radiasi hp dapat menyebabkan risiko kanker. Meskipun penelitian ini belum pasti, namun hp yang terbiasa ditaruh di dalam saku dada dapat menyebabkan radiasi hp menembus jaringan kelenjar susu. Hal itu memicu pertumbuhan sel kanker pada jaringan payudara. Selain kanker payudara, paparan radiasi hp akibat penggunaan hp yang berlebihan mampu mengaktifkan sel kanker dan mempercepat munculnya kanker.

 

Meskipun kita sudah mengetahui bahwa efek radiasi hp dapat mempengaruhi kesehatan, bukan berarti kita tidak boleh menggunakan hp. Anda dapat melakukan sejumlah cara untuk mengurangi risiko munculnya gangguan pada kesehatan akibat radiasi hp.

Gunakanlah hp secara bijak dan seperlunya saja ketika dibutuhkan. Anda juga dapat menggunakan headset untuk bertelepon. Untuk mengurangi radiasi, berkomunikasilah melalui pesan singkat daripada menggunakan telepon. Jadi, dampak radiasi hp bagi kesehatan masih bisa anda hindari dengan sejumlah pola dan aturan yang benar saat menggunakan hp.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *