Bahayanya Kanker Kulit yang Harus Diwaspadai

By | April 7, 2018

Sakit merupakan kondisi yang ingin dihindari oleh sebagian besar orang. Sakit tentu akan menyebabkan kita tidak melakukan aktivitas dengan lebih bebas dan bersemangat. Agar tubuh tidak mudah terkena penyakit, menerapkan pola hidup sehat bisa menjadi kunci utama. Hal ini dilakukan agar terhindar dari ancaman penyakit mematikan seperti kanker. Kanker memang bukanlah penyakit menular, namun jika kita bisa menjaga kondisi tubuh diri sendiri maupun keluarga dengan baik resiko untuk terkena penyakit berbahaya yang satu ini. Salah satu penyakit kanker yang harus kita waspadai adalah kanker kulit.

 Bahayanya Kanker Kulit yang Harus Diwaspadai

Jika umumnya kanker menyerang organ maupun bagian tubuh manusia saja, seperti kanker payudara, kanker otak namun tidak untuk kanker yang satu ini dimana indera peraba manusia-lah yang diserang. Hal ini terjadi akibat adanya perubahan sifat pada sel-sel penyusun kulit. Perubahan sifat ini ditandai dengan adanya pembelahan sel-sel menjadi bentuk abnormal dan tidak terkendali. Seperti kanker otak yang sangat susah untuk diketahui gejalanya, kanker yang satu ini juga sangat sulit diketahui kemunculannya oleh si penderita, bahkan saat kondisi parah sekalipun. Penyakit kanker yang satu ini tidak bisa disepelekan begitu saja karena mengancam kesehatan tubuh.

 

Untuk kesehatan diri kita dan keluarga, kita harus selalu peduli untuk setiap gejala penyakit yang ada sehingga kita bisa terhindar dari bahaya penyakit mematikan yang tidak diinginkan. Adapun bahaya dari penyakit kanker kulit yang perlu kita ketahui adalah sebagai berikut:

Baca Juga : Cegah Penyakit Kanker Kulit dengan 4 Upaya Berikut Ini!

Dapat menyebabkan kematian.

Kanker yang menyerang indera manusia ini dibedakan menjadi dua golongan yaitu melanoma dan non melanoma. Kanker jenis melanoma malignia sangat berpotensi mengancam keselamatan jiwa penderitanya. Jika orang terdekat Anda mengidap penyakit ini untuk lebih waspada lagi. Gejala kanker ini bermacam-macam. Yang perlu diperhatikan adalah jika pada kulit Anda terdapat banyak tahi lalat maupun bintik yang tidak kunjung hilang. Waspadai jika ada tahi lalat yang semakin membesar dan menimbulkan pendarahan. Penanganan dini yang bisa Anda lakukan adalah dengan memeriksakan segera ke dokter untuk diagnosa yang pasti.

Beresiko menyebar ke bagian tubuh lainnya (metastatis).

Seperti kanker lainnya, kanker yang satu ini juga memiliki potensi menyebar ke bagian tubuh yang lainnya. Jenis kanker yang bisa menyebar (metastatis) adalah karsinoma sel skuamosa dan melanoma malignia.

Dapat merusak jaringan di sekitarnya.

Bahaya lainnya yang mengancam adalah bisa merusak jaringan di sekitarnya. Karsinoma sel basal adalah jenis kanker yang berpotensi melakukan kondisi ini. Meskipun jenis ini tergolong lambat penyebarannya, namun jenis kanker yang satu ini mampu menyebar ke jaringan yang berada di bawah kulit, otot, dan tulang sehingga mampu menyerang jaringan-jaringan tersebut.

Menimbulkan kecacatan pada kulit.

Penanganan yang terlambat pada penderita penyakit ini akan menimbulkan kondisi cacat pada kulit tubuh.

Memicu komplikasi yang serius.

Jika tidak ditangani dengan segera, kanker kulit bisa memicu komplikasi yang serius. Karsinoma sel skuamosa adalah jenis kanker yang menyerang sampai ke jaringan, tulang, bahkan noda limfa di sekitarnya sehingga menjadi sulit untuk ditangani dan menimbulkan komplikasi serius.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *