Banyak Beredar, Ini Makanan Sehat untuk Ibu Hamil!

By | December 10, 2018

Selain kandungan asam folat untuk ibu hamil yang disering ditemukan pada protein hewani danjuga minyak ikan, makananjenis lainnya juga penting dikonsumsi ibu hamil yang menginginkan janin dan bayi yang nantinyaterlahir menjadi sehat dan cerdas. Selain itu, manfaat dari asam folat jugaterdapat pada artikel berikut ini : https://review.bukalapak.com/mom/ibu-hamil-ini-manfaat-yang-kamu-dapat-jika-rajin-mengonsumsi-asam-folat-19138

Sehingga asupan makanan yang sehat sangat diperlukan sekali oleh ibu hamil mulai dari trimester awal. Saat trimester awal tentunya ibu hamil juga akan merasakan rasa mual hingga muntah yang didukung oleh kelelahan fisik. Karenanya, saatt rimester awal sangat rentan untuk terjadinya keguguran.

Agar lebih berhati hati dalam menjaga asupan nutrisi baik vitamin dan mineral untukibu dan janin, pilihlahmakanan sehat untuk ibu hamil yang tepat danyang dapat menjadi penambah nafsu makan. Lantas, bagaimanakah yang disebut dengan makanan yang sehat bagi ibu hamil? Meskipun banyak dijumpai di sekitar kita, namun terkadang banyak orang yang jarang mengetahui bahwa makanan tersebut ampuh untuk menjaga ibu dan janinagar tetap sehat. Hingga adanya pengaturan makanan yang tepat dan teratur mampudisesuaikan dengan perkembangan usia kehamilan, serta kebutuhan dan perkembangan janin.

Di antaranya, terdapat pula makanan sehat untuk ibu hamil yang ada di sekitar kita, tentunya ini sangat bermanfaat membantu masa masa kritis dari seorang ibu hamil yang belum kembalinafsu makannya.

  • Buah pisang

Buahpisang sendiri merupakan buah buahan yang banyak terdapat di sekitar kita. Namun tahukah Anda jika buah pisang juga dapat menjadi penolong saat mengalami sembelit. Ibu hamil sendiri memang sangat rentan untuk mengalami sembelit. Dengan konsumsi buah pisang secara rutin, mampu mengatasi sembelit Anda dandapat mengurangi rasa mual di pagi hari. Kandungan vitamin dan juga kalsiumjuga tentunya ada pada buah pisang.

  • Buah Berry

Untuk ke semua jenis buah yang berakhiran berry seperri strawberry, blackberry,rasberry, atau pun blueberry, buah tersebut memiliki antioksidan yang tinggi yang dapat menangkal pula adanyaradikal bebas dalam tubuh. Selain itu, buah berry juga memiliki kandunganvitamin C yang cukup tinggi untuk membantu menjaga daya tahan tubuh. Ibu hamilsangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah ini. Bisa ditemui di sekitar kita bukan?

  • Buah Apel

Buah atau makanan sehat berikutnya adalah apel. Apel sendiri memiliki serat yangcukup dan juga mengandung vitamin yang bermanfaat bagi tubuh. Kebutuhan nutrisiibu hamil dan janin juga harus terkontrol. Buah apel menjadi salah satu makananyang dapat menjaga berat badan agar tetap terkontrol.

  • Kacang kacangan

Kacang kacangan seperti kacang polong, kacang tanah, kacang kedelai dapat jugadijadikan sumber potein nabati, zat besi, kalsium, hingga sumber asam folatyang diperlukan oleh tubuh saat kehamilan. Selain itu juga kandungan darikacang kacangan yang berupa protein, kalsium dan asam folat tersebut mampumencegah adanya risiko bayi terlahir cacat.

  • Daging sapi

Selain dari jenis buah buahan, kacang kacangan, dan sayur sayuran, makanan sehat untuk ibu hamil juga didapatkan dari daging sebagai protein hewani. Khususnya pada daging sapi, kandungan zat besidan mineralnya sangat penting untuk digunakan sebagai pembentukan sel darahmerah. Sel darah merah itulah yang nantinya turut berperan penting untuk mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh. Ketika hamil, ibu akan rentan sekali terkena anemia atau kekurangan darah.

Itulah beberapa makanan sehat untuk ibu hamil yang terdapat di sekitar kita. Semoga tetap sehat ya moms!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *