Beberapa Cara Mencegah Penyakit Kanker Payudara

By | March 27, 2018

Kanker merupakan penyakit mematikan yang banyak ditakuti oleh masyarakat. Karena walaupun bagi orang yang menderita kanker bisa diobati hingga sembuh tetapi akan ada banyak waktu, biaya, dan juga tentunya rasa sakit menahan semua pengobatan yang dilakukan. Oleh karena itulah akan lebih baik untuk melakukan upaya pencegah dan bisa untuk mengenali gejala awal kanker secara dini sehingga akan lebih mudah untuk dirawat dan mendapatkan pengobatan yang tepat. Salah jenis kanker ganas yang ditakuti adalah kanker payudara yang bisa diderita terutama oleh wanita walaupun pria juga bisa untuk terkena penyakit ini akan tetapi jumlahnya sangat sedikit. Sebelum terkena penyakit kanker yang menyerang pada bagian payudara ini, akan lebih baik Anda mengetahui gejalanya sehingga bisa untuk di periksakan kepada dokter. Dan selain itu juga bisa untuk melakukan beberapa langkah pencegahan agar tidak terkena penyakit kanker yang satu ni. Dimana beberapa cara mencegah agar tidak terkena kanker yang satu ini adalah sebagai berikut.

Beberapa Cara Mencegah Penyakit Kanker Payudara

  • Menjaga berat badan yang ideal

Sudah banyak diketahui bahwa berat badan yang berlebihan mempunyai kekurangan terutama untuk kesehatan. Ada banyak penyakit yang bisa menyerang bagi orang yang mempunyai berat yang berlebihan seperti obesitas dan beberapa komplikasi lainnya. Faktor berat badan yang kurang ideal nyatanya mempengaruhi resiko terkena penyakit kanker yang menyerang bagian payudara ini. Dimana untuk wanita yang mempunyai berat berlebih dan setelah mengalami menopause mempunyai resiko terkena penyakit ini lebih tinggi hingga 60 persen. Oleh karena itulah kontrol berat badan agar tetap ideal untuk pencegahan tidak terkena penyakit yang satu ini.

  • Mengkonsumsi makanan sehat

Langkah selanjutnya untuk mencegah agar tidak terkena penyakit kanker payudara adalah dengan memilih makanan yang akan dikonsumsi. Makanan ini juga mempunyai faktor dan berdampak pada kesehatan seseorang. Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat seperti buah, sayur, dan juga makanan yang mempunyai banyak kandungan akan dapat untuk memberikan perlindungan dan pencegahan tidak terkena penyakit kanker yang satu ini.

  • Olahraga secara rutin

Mempunyai gaya hidup sehat mempunyai banyak manfaat terutama untuk kesehatan. Dengan olahraga secara rutin, Anda dapat setidaknya menjaga kebugaran badan dan juga menghindari beberapa penyakit. Termasuk juga penyakit kanker berbahaya yang dapat menyerang bagian payudara Anda. Luangkan waktu olahraga secara rutin seperti jogging, bersepeda, tenis, renang, dan jenis olahraga lainnya.

 Baca juga Ciri-ciri Kanker Payudara Stadium Awal yang Harus Anda Ketahui

  •  Lakukan kebiasaan yang sehat

Dan langkah pencegahan terakhir agar tidak terkena penyakit kanker payudara yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan kebiasaan yang sehat. Seperti minum air putih dengan rutin setidaknya 8 gelas sehari. Selain itu juga bisa untuk meninggalkan kebiasaan yang akan mengganggu kesehatan seperti merokok, mengkonsumsi minuman beralkohol, dan juga menghindari paparan radiasi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *