Beberapa Jenis Makanan yang Baik untuk Penderita Asam Urat Tinggi

By | April 3, 2018

Tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan salah satu penyakit persendian yang biasa disebut penyakit asam urat. Penyakit sendi ini bagi penderitanya akan menyebabkan gejala nyeri yang tidak tertahankan, pembengkakan, dan rasa panas. Meskipun semua sendi pada tubuh bisa terkena gejala ini, namun bagian tubuh yang paling sering terkena adalah sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki. Umumnya para pria lebih rawan terkena penyakit ini dibandingkan dengan para wanita, terutama untuk yang berumur 30 tahun ke atas. Pada wanita, penyakit ini bisa timbul setelah menopause.

Beberapa Jenis Makanan yang Baik untuk Penderita Asam Urat Tinggi

Bagi Anda yang menderita penyakit ini, tentu gejalanya sangat menyiksa. Terkadang pada kondisi seperti ini bisa mengganggu kenyamanan serta aktivitas yang sedang Anda jalani. Saat kondisi sudah parah, tak jarang harus rela menghentikan semua aktivitas kegiatan. Menderita penyakit ini tentu harus melakukan pengobatan segera. Dengan pengobatan, gejala-gejala nyeri sendi yang sangat mengganggu bisa diredakan sehingga Anda bisa nyaman kembali. Selain melakukan pengobatan secara rutin, Anda juga harus memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi mengingat ada beberapa jenis makanan yang tidak baik untuk penyakit yang satu ini dan bisa memperburuk kondisi.

Berbicara mengenai makanan yang baik untuk penderita asam urat tinggi, akan dibagi menjadi beberapa jenis, diantaranya sebagai berikut.

  • Makanan yang mengandung sumber karbohidrat.

Makanan yang berkarbohidrat sangat dianjurkan dan baik untuk dikonsumsi karena akan memicu meningkatnya purin dalam tubuh. Beberapa makan berkarbohidrat bisa Anda temukan pada nasi, roti, jagung, bihun, ubi, kentang, singkong, ketela rambat, dan masih banyak lagi. Perlu diperhatikan untuk makanan berkarbohidrat tadi dikonsumsi dengan cara pengolahannya tidak dengan cara digoreng.

  • Sumber protein hewani.

Makanan selanjutnya yang baik dikonsumsi adalah yang mengandung protein hewani, seperti telur dan susu. Namun untuk bisa mengkonsumsinya, pastikan makanan tersebut mengandung lemak yang rendah.

  • Sumber protein nabati.

Selain makanan yang mengandung protein hewani, sangat disarankan juga mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan protein nabati. Pastikan Anda mengkonsumsi dalam batas yang wajar atau tidak berlebihan. Makanan yang mengandung protein nabati bisa Anda temukan pada beberapa makanan, seperti tahu, tempe, kacang tanah, kacang hijau. Serta kacang kedelai. Untuk mengkonsumsinya maksimal 50 gram per hari untuk tahu, sedangkan untuk jenis kacang-kacangan bisa dikonsumsi asalkan tidak melebihi 25 gram per harinya.

  • Sayuran.

Beberapa sayuran ada yang bisa dikonsumsi untuk penderita penyakit ini sebagian ada yang tidak bisa dikonsumsi. Untuk sayuran yang bisa dikonsumsi, seperti kacang panjang, wortel, terong, labu siam, tomat, lobak, selada, mentimun, pare, dan labu air. Beberapa sayuran yang harus dibatasi, seperti bayam, kangkung, daun serta biji melinjo, buncis, jamur, kol, dan asparagus.

  • Buah-buahan.

Buah-buahan juga baik untuk penderita asam urat tinggi, namun ada beberapa yang memang tidak bisa dikonsumsi. Untuk buah-buahan yang bisa Anda konsumsi, seperti semangka, apel, melon, pisang, dan ceri.

Simak Juga Penyebab Penyakit Asam Urat dan Cara Menghindarinya

  • Minuman.

Pastikan Anda tidak mengkonsumsi minuman yang bersoda apalagi yang mengandung alkohol. Sebaiknya perbanyaklah minum air putih.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *