Beberapa Obat Herbal dan Manfaatnya untuk Kesehatan

By | July 18, 2018

Obat herbal merupakan obat yang bersifat organik atau alami sama seperti tubuh. Obat ini berasal dari tumbuhan dan jika dari hewan maka buka herbal lagi tetapi obat tradisional yang dapat dicampur dengan bahan lainnya. Walaupun ada obat dari dokter, obat alami tentu akan berkhasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Obat berbahan herbal ini tidak menimbulkan efek samping negatif karena dari bahan tanaman alami tanpa campuran apapun.

Beberapa Obat Herbal dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Berikut adalah beberapa tanaman herbal untuk kesehatan diantaranya: 

Keputihan:

  • Ekstrak Parameria Laevigata, berperan sebagai antioksidan, antiradang, dan antialergi sehingga dapat mengurangi berbagai penyakit lain seperti resiko penyakit jantung dan pembuluh darah, kanker serta penyakit Alzemeir juga berkhasiat sebagai obat rahim, nyeri sehabis bersalin, bebas jerawat, disentri, koreng dan luka-luka.
  • Ekstrak Piper Betlemenjadi bahan alami yang efektif untuk mengatasi masalah keputihan dan pembersih daerah kewanitaan karena adanya kandungan chavicol pada ekstrak daun sirih sebagai antiseptik, sehingga dapat membasmi jamur penyebab keputihan.

Kesehatan wajah dan kulit:

  • Ekstrak Curcumae Domestica, berkhasiat sebagai antihepatotoksik, anthelmintik, antiedemik, analgesic, antiinflamasi dan antioksidan yang bermanfaat untuk wajah dan kulit. Mampu juga menurunkan tekanan darah, mengatasi malaria, sakit perut, memperbanyak ASI, sebagai obat cacing, mengatasi keseleo, memar, dan rematik.
  • Ekstrak Garcinia Mangostana, mengandung senyawa Xanthone merupakan bioflavonoid dengan sifat sebagai antioksidan, antibakteri, antialergi, antitumor, antihistamin dan antiinflamasi.

Untuk kesehatan wajah dan kulit juga dapat menggunakan obat herbal ekstrak Kaemferia Galanga yang merupakan tanaman rempah dan bumbu dari Indonesia. Tanaman rempah dapat tumbuh di pot atau di halaman yang cukup mendapat sinar matahari dan tidak terlalu basah. Ekstrak ini diteliti dapat menyembuhkan bekas luka khususnya jerawat dan etanol pada rimpang kencur dapat menghambat jamur pada kulit. 

Baca juga: Manfaat Kunyit Sebagai Obat Herbal Tradisional

Berikut adalah beberapa tanaman herbal untuk diabetes diantaranya: 

  • Swietenia Mahogany Semen atau ekstrak Biji Mahoni, dengan kandungan antioksidan digunakan secara empiris dalam pengobatan herbal dan etanol biji mahoni efektif menurunkan kadar glukosa dalam darah.
  • Cinnamomum Burmani Cortex atau ekstrak Kayu Manis, mengandung saponin, sinamaldehid, polifenol dan flavonoid yang memiliki efek menurunkan kadar gula dalam darah.
  • Momordica Charantia Fructus atau ekstrak Pare, memiliki efek antidiabetik yang bisa menurunkan kadar gula darah.
  • Gymnema Sylvestre atau Penghancur Gula, untuk mengatasi sindrom metabolisme, diabetes mellitus, batuk dan menurunkan berat badan.
  • Serbuk Kelopak Bunga Hibiscus Sabdariffa, sebagai tanaman hias dan minuman penghangat.

Obat herbal lainnya juga dapat melangsingkan tubuh dan menjaga kesehatan dengan ekstrak Aloe Vera terutama bagian lendir dan daun untuk melindungi kulit. Dapat juga menggunakan ekstrak Seledri untuk terapi herbal sebagai pengobatan alternatif hipertensi. Selain itu ekstrak Daun Sambiloto dan Daun Dewa juga dapat mengatasi hipertensi dan cardiovascular.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *