Benar Atau Salah Membersihkan Luka Menggunakan Alkohol

By | September 19, 2018

Banyak yang bertanya mengenai benar atau salah menggunakan Alkohol untuk membersihkan luka. Karena memang yang sering kita jumpai di lingkungan sekitar kita adalah apabila terjadi luka maka cara pertama yang akan dilakukan adalah membersihkan luka tersebut menggunakan alcohol. Dan kebanyakan alcohol sering kita jumpai di kotak P3K yang tersedia di masing masing rumah.

Benar Atau Salah Membersihkan Luka Menggunakan Alkohol

Sebelum membahas lebih jauh mengenai benar atau salahnya maka kalian harus mengerti terlebih dahulu bahwa yang kita bahas disini bukanlah alcohol yang biasa digunakan untuk mabuk. Tetapi yang kita bahas disini adalah mengenai alcohol murni yang biasanya digunakan ioleh banyak orang untuk membersihkan luka. Karena memang dengan menggunakan alcohol untuk membersihkan luka maka setelah itu akan timbul rasa sakit pada bagian luka.

Dan karena timbul rasa sakit tersebut mereka berfikir bahwa hal tersebut merupakan ciri ciri bahwa luka mereka akan segera  sembuh. Dan yang jadi pertanyaan saat ini adalah apakah hal tersebut memang benar. Karena perlu kalian ketahui bahwa pakar kesehatan menyebutkan bahwa penggunaan alkohol untuk membersihkan luka merupakan cara yang salah dan kurang tepat.

Meskipun banyak orang menganggap bahwa hal tersebut meerupakan cara yang benar namun dari segi medis hal tersebut merupakan suatu kesalahan. Hal tersebut di sebabkan oleh kemampuan alcohol yang bisa menguap yang mana ketika proses penguapan tersebut terjadi maka bisa menyebabkan kemampuan alcohol untuk menyembuhkan luka menjadi menurun dengan sangat signifikan.

Karena perlu kalian ketahui bahwa pada dasarnya keberadaan alcohol dalam dunia medis adalah untuk membersihkan kotoran yang terdapat pada luka. Dan bukannya digunakan untuk menyembuhkan luka maka dari itu dari sini dapat disimpulkan bahwa alcohol bukanlah obat yang tepat apabila kalian gunakan untuk menyembuhkan luka. Karena memang alcohol sendiri lebih cocok apabila digunakan sebagai cairan disinfektan yang bisa menetralisir kulit dari berbagai bakteri.

Dan dari pernyataan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan alcohol sendiri ditujukan sebelum tindakan medis dilakukan. Yang mana ketika kalian atau saudara kalian mengalami luka maka hal pertama yang harus kalian lakukan adalah membersihkan luka tersebut menggunakan alkohol. Agar semua kotoran dan juga bakteri yang menempel pada luka bisa dibersihkan.

Baca juga artikel menarik juga di obatperawatan.com

Dan ketika semua kotoran dan bakteri telah dibereskan maka proses pengobatan akan menjadi lebih mudah. Dan tentunya karena semua bakteri telah hilang maka dapat dipastikan bahwa luka yang kalian derita akan menjadi mudah sembuh. Namun perlu kalian ingat bahwa penggunaan alcohol akan menimbulkan sensasi perih paada luka yang akan menyebabkan rasa tidak nyaman pada diri kalian.

Maka dari itu kebanyakan pakar kesehatan lebih menganjurkan kepada kita untuk menggunakan antiseptic dibandingkan menggunakan alkohol untuk membersihkan luka.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *