Beragam Pilihan Obat Herbal Asma

By | July 6, 2016

Asma adalah jenis penyakit yang menyerang sistem pernapasan. Jenis penyakit ini dapat membuat penderitanya kesulitan saat bernafas. Selain tanda-tanda mayor seperti kesulitan bernafas (sesak nafas) penyakit asma juga ditandai dengan dada yang terasa berat, saat menarik nafas ada bunyi yang keluar (mengi) sampai batuk. Penderita asma kebanyakan tidak tahan dengan udara dingin dan sering kambuh di malam hari. Penderita asma dapat menggunakan obat herbal asma untuk mengatasinya.

Penyakit asma sendiri belum ditemukan penyebabnya orang para ahli. Beberapa menduga jenis penyakit ini muncul karena masalah pada genetika si penderita. Sedangkan beberapa ahli yang lain menemukan bahwa penyakit asma juga berhubungan dengan lingkungan tempat tinggal penderita. Lingkungan yang tidak sehat dan penuh dengan polusi (kendaraan/pabrik) akan meningkatkan jumlah penderita asma pada lingkungan tersebut.

Tidak hanya karena lingkungan yang penuh polusi saja yang dapat memancing asma menyerang. Alergi juga dapat menimbulkan asma. Tingkat serangan asma sendiri pada setiap orang tidaklah sama. Ada yang mempunyai daya tahan yang tinggi hingga hanya kambuh setahun sekali hingga yang asma seminggu sekali terjadi. Jika dibiarkan penyakit asma akan berubah menjadi asma akut. Tentunya asma akut akan berbahaya karena dapat memicu terjadinya kematian karena gagal nafas.

Walaupun faktor pemicu asma belum diketahui secara benar namun jenis penyakit ini sudah ditemukan beberapa solusinya. Para ahli telah menemukan beberapa campuran bahan yang diklaim dapat membantu mengurangi pembengkakan pada daerah tenggorokan. Obat-obat ini juga mampu mengurangi produksi lendir kental ataupun memecahkannya agar lebih encer. Karena jika seseorang menderita asma produksi lendirnya akan meningkat.

Selain menggunakan obat-obatan pabrik, sebenarnya nenek moyang telah menemukan solusi yang lebih aman agar asma tidak lagi mengganggu. Ada tiga jenis ramuan yang paling sering digunakan saat asma menyerang atau sebagai pencegahan. Bahan-bahan obat herbal asma tersebut yaitu:

1. Madu

Dihasilkan oleh koloni lebah, madu telah dipastikan memiliki beragam kandungan yang bermanfaat. Mulai dari antioksidan yang bagus untuk kulit dan antibakteri sampai antiseptik. Pengonsumsian secara teratur dapat juga meningkatkan daya tahan tubuh seseorang. Untuk asma sendiri madu hanya perlu dicampurkan dengan air hangat kemudian diminum langsung.

2. Bunga Kenanga

Selain rempah, asma bisa dicegah dengan mengkonsumsi bunga kenanga. Bungan kenanga yang dikeringkan kemudian direbus bersama air. Untuk itu diperlukan 3 kelopak bunga kenanga dan juga 200 cc air dalam panci. Setelah itu panci ditutup rapat-rapat, air baru bisa diminum setelah dingin. Ramuan ini harus diminum secara teratur.

3.

Jahe

Rimpang ini sangat banyak fungsinya. Seduhan jahe yang ditambahkan madu dapat memecah lendir yang diproduksi. Jahenya sendiri dapat dipotong-potong atau hanya digeprek saja kemudian direbus untuk mengeluarkan sari-sarinya. Mengkonsumsi minuman ini secara teratur akan membuat jalan napas akan menjadi lebih longgar dan nyaman. Selain itu badan juga akan terasa hangat.

Sebagai obat herbal asma alternatif ketiga ramuan diatas perlu diminum secara teratur. Aturan minum yang tidak teratur akan menyebabkan efeknya tidak cepat terlihat. Penggunaan ramuan di atas cukup dianjurkan karena bahan yang mudah ditemui dan harganya yang lumayan murah. Namun jika penderita tidak mampu menghindari sumber asma, oba-obatan tersebut tidak akan banyak membantu. Penderita asma harus selalu menggunakan masker jika mendekati sumber asma seperti debu dan asap kendaraan. Menghindari pikiran yang terlalu berat juga harus diterapkan agar tidak terjadi serangan asma.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *