Berbagai Ciri Kanker Serviks yang Harus Anda Waspadai

By | May 1, 2018

Kanker serviks  atau leher rahim adalah penyakit  yang menjadi momok menakutkan bagi kaum hawa. Kanker leher rahim adalah penyakit yang menyerang bagian leher rahim di organ reproduksi wanita, penyebabnya adalah Human Papilloma Virus. Kondisi tersebut disadari saat memasuki stadium lanjut, oleh sebab itu selain melakukan pemeriksaan rutin, Anda juga harus melihat berbagai ciri kanker ini, sehingga bisa mengenalinya sejak dini dan melakukan pengobatan secepatnya.

Walaupun kanker serviks sulit dikenali, sebenarnya ada beberapa ciri kanker ini yang bisa diwaspadai. Berikut beberapa cirinya:

  • Mengalami keputihan yang berlebihan

Ciri yang pertama adalah keputihan berlebihan atau tak normal. Lendir keputihan akan berubah warna, mempunyai aroma yang tak sedap dan terjadi perubahan tekstur cairan vagina. Keputihan yang tak biasa ini dikarenakan oleh penyakit. Oleh karena itu lebih baik konsultasikan pada dokter untuk mencari tahu penyebabnya.

Berbagai Ciri Kanker Serviks yang Harus Anda Waspadai

  • Pendarahan di vagina

Saat seorang wanita terkena kanker serviks, gejala yang sering muncul adalah pendarahan tak normal di vagina. Pendarahan ini bisa terjadi lebih banyak maupun lebih sedikit dibandingkan dengan menstruasi biasanya. Pendarahan bisa terjadi ketika berhubungan seksual, setelah menopause hingga di periode menstruasi.

  • asa nyeri ketika berhubungan intim

Saat penyakit ini sudah masuk ke stadium lanjut, tanda yang lebih beragam akan muncul seperti nyeri di bagian panggul ketika berhubungan intim. Rasa nyeri ini bisa membuat Anda menjadi tak nyaman saat melakukan hubungan suami istri. Lebih baik segera periksakan ke dokter ketika nyeri panggul, agar bisa memastikan apakah kondisi tersebut adalah tanda penyakit ini atau penyakit lain.

  • Keluar urine dari vagina

Kanker serviks ternyata juga dapat mempengaruhi fungsi dari vagina. Ketika memasuki stadium lanjut, kanker ini bisa menimbulkan kebocoran urine. Hal ini dapat terjadi karena terbentuknya fistula di saluran kemih dan vagina.

  • Sembelit

Bila kanker ini sudah menyebar sampai ke usus besar, bisa berpotensi menyebabkan kontipasi atau sembelit. Kondisi tersebut terjadi ketika kanker sudah memasuki stadium lanjut.

  • Tidak nafsu makan

Wanita yang terkena penyakit ini biasanya mengalami penurunan nafsu makan. Hal tersebut karena penyebaran kanker yang membuat tubuh sukar menerima makanan. tak hanya itu, penurunan berat badan secara drastis yang tak diketahui penyebabnya juga harus dicurigai sebagai gejala dari kanker.

  • Pembengkakan di tungkai

Saat kanker ini sudah masuk ke stadium lanjut, biasanya dapat menimbulkan berbagai macam komplikasi. Contoh komplikasinya seperti pembengkakan yang terjadi di tungkai. Kondisi tersebut bisa terjadi saat sel kanker menekan pembulu darah dan menghambat sirkulasi darah menuju tungkai, sehingga terjadi penimbunan cairan yang membuatnya menjadi bengkak.

Baca juga http://obatperawatan.com/

Ciri di atas bukan hanya menjadi ciri penyakit kanker serviks, karena bisa jadi ciri tersebut adalah penyakit lain di tubuh. Bila Anda sudah aktif berhubungan seksual, sangat disarankan melakukan pap smear 3 hingga 5 tahun sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *