Berbagai Jenis Leukemia yang Harus Anda Ketahui

By | May 4, 2018

Leukemia atau yang lebih sering disebut dengan kanker darah merupakan penyakit yang menyerang sel darah putih. Sel darah putih merupakan bagian yang berguna untuk melindungi tubuh terhadap benda asing. Sel darah ini dihasilkan oleh sumsum tulang belakang. Saat kondisi normal, sel darah putih berkembang dengan teratur ketika tubuh memerlukannya untuk memberantas infeksi.

Namun, pengidap leukemia, sumsum tulang malah memproduksi sel darah putih secara tidak normal, sehingga tidak bisa berfungsi dengan baik bahkan berlebihan. Jumlah yang berlebihan ini akan menyebabkan penumpukan di dalam sumsum tulang sehingga sel sehat akan berkurang. Sel abnormal ini bisa menyebar hingga ke organ lain seperti paru-paru, limfa, tulang, ginjal, otak hingga hati.

Ada beberapa jenis kanker darah berdasarkan perkembangannya, kanker ini bisa dikelompokkan menjadi kanker kronis dan kanker akut. Kanker darah akut berkembang secara cepat karena penambahan jumlah sel darah putih sehingga tidak bisa berfungsi dengan normal. Pertumbuhan ini begitu pesat, begitu juga penyebarannya ke aliran darah. Jenis ini harus ditangani sesegera mungkin. 

Sedangkan, kanker darah yang telah kronis akan berkembang secara perlahan serta dalam jangka yang panjang. Sel darah putih yang sudah mati akan tetap hidup, bahkan menumpuk di aliran darah, dan organ-organ terkait. Sel darah tersebut lebih matang sehingga bisa berfungsi dengan baik. Oleh sebab itu gejalanya biasanya tak segera dapat dirasakan, sehingga baru bisa terdiagnosis sesudah bertahun-tahun. Kanker darah juga bisa dikategorikan menurut jenis sel darah putih, kanker yang menyerang sel limfa, lebih sering disebut dengan limfotik, sedangkan yang menyerang sel mieloid disebut dengan mielogen.

Berbagai Jenis Leukemia yang Harus Anda Ketahui

Berikut beberapa jenis leukemia, antara lain:

  • Leukemia limfotik akut

ALL bisa menghambat fungsi limfosit sehingga pengidapnya mengalami infeksi serius. Kanker ini biasanya diidap anak-anak, namun juga dapat menyerang orang dewasa.

  • Leukemia miologen akut

Kanker darah jenis ini biasanya menyerang orang dewasa. Namun jenis ini juga bisa diidap oleh anak-anak. kanker ini membantu sel mieloid yang tak sempurna dan bisa menyumbat pembuluh darah.

  • Leukemia limfotik kronis

Jenis kanker ini dialami orang dewasa. Kanker darah tipe ini biasanya baru terdeteksi saat sudah stadium lanjut, karena pasien tak merasakan gejala untuk waktu yang lama.

  • Leukemia mielogen kronis

Jenis kanker darah ini diderita oleh orang yang berusia lebih dari 20 tahun. Kanker ini mempunyai 2 tahap, di tahap pertama, sel tak normal akan berkembang dengan perlahan, saat sudah memasuki tahap kedua, sel ini akan bertambah dengan pesat sehingga bisa mengalami penurunan secara drastis.

Baca juga http://obatperawatan.com/

Sebenarnya, kanker darah berkaitan erat dengan sumsum tulang, sel yang efektif akan membasmi infeksi di tubuh secara tak normal sehingga kekebalan tubuh menjadi kurang berfungsi secara optimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *