Berikut 4 Jenis Penyakit Kulit Ringan yang Sering Dijumpai

By | May 25, 2018

Semua orang memiliki kemungkinan untuk mengalami penyakit kulit sekalipun sudah menjaga kebersihan dan makan yang kaya nutrisi. Sebab penyebab dari penyakit yang menyerang kulit ini sangat banyak ada yang karena faktor keturunan ada pula yang karena faktor cuaca. Jadi, pastikan untuk mengetahui kondisi kulit Anda dan jika menjumpai ada benjolan, ruam, dan sejenisnya meski sedikit dan bertahan cukup lama segera saja dibawa ke dokter. Sebagian besar penyakit pada kulit ini sifatnya kambuhan namun ada pula yang tidak.

Berikut 4 Jenis Penyakit Kulit Ringan yang Sering Dijumpai

Mengenal Jenis Penyakit Pada Kulit yang Tergolong Ringan

Jenis penyakit pada kulit cukup banyak maka terbagi dua antara penyakit ringan dan berat, berikut beberapa jenis yang tergolong ringan namun baiknya tidak disepelekan:

  • Penyakit di kulit akibat jamur,

Ketika menyebut istilah penyakit pada kulit maka dijamin pikiran akan langsung mengarah pada panu, kurap, kadas, dan penyakit yang disebabkan jamur lainnya. Meski tergolong penyakit yang ringan namun baiknya segera ditangani agar tidak melebar. Bisa ditangani dengan obat dokter atau membeli obat kulit yang tersedia bebas di apotek terdekat. Pengobatan secara teratur diimbangi dengan perbaikan terhadap kebersihan tubuh dan lingkungan akan mempercepat proses penyembuhan.

  • Kulit yang berjerawat,

Jerawat tentu menjadi salah satu gangguan atau penyakit kulit yang paling lumrah dijumpai dan dialami nyaris semua orang. Hanya saja beberapa orang secara khusus memiliki jerawat yang menahun dan memenuhi seluruh wajahnya. Namun beberapa lagi hanya muncul di masa tertentu, misal pada wanita yang mengalami kulit berjerawat menjelang siklus menstruasi. Jerawat ini bisa sembuh dengan sendirinya dan bisa dicegah dengan rajin membersihkan kulit sehingga tidak perlu cemas kulit kemerahan dan perih.

  • Biduran,

Biduran adalah kondisi dimana kulit menjadi melepuh dan muncul ruam yang banyak di sekujur tubuh atau di bagian tertentu. Kondisi ini sebenarnya disebabkan oleh reaksi alergi tubuh terhadap beberapa jenis makanan yang tinggi protein. Misalnya saja tertarik untuk mencicipi belalang goreng, Anda ternyata punya alergi terhadap protein yang terkandung di dalamnya. Maka akan mengalami biduran dan perlu perawatan yang baik untuk bisa kembali normal dan sehat, dan kadang sembuh dengan sendirinya tergantung kondisi tubuh.

Baca juga Mengenal Indikasi Terjadinya Kanker Kulit yang Harus Anda Ketahui

  • Mengalami eksim,

Eksim merupakan penyakit yang menyerang kulit dan berupa ruam kemerahan di beberapa bagian tubuh. Umumnya eksim ini terjadi di pergelangan kaki, pergelangan tangan, lutut, pipi, leher, dan juga pada siku. Umumnya lagi eksim ini dijumpai pada anak-anak yang penyebabnya sendiri masih belum diketahui secara pasti. Namun tetap ada kemungkinan dialami orang dewasa di usia bawah 30 tahun, penyakit kulit ini terjadi karena tubuh secara alami tidak bisa membedakan antara protein dengan virus maupun bakteri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *